home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Digunakan Banyak Orang, Alat Transportasi Jadi Fokus Pemerintah untuk Promosikan Pencegahan AIDS

Selasa, 01 Desember 2015 12:00 by fzhchyn | 1238 hits
Digunakan Banyak Orang, Alat Transportasi Jadi Fokus Pemerintah untuk Promosikan Pencegahan AIDS
Image source: tribunnews.

DREAMERS.ID - Belum adanya obat yang bisa untuk menyembuhkan penyakit HIV/AIDS, membuat pemerintah lebih memfokuskan pada program pencegahan untuk menekan peningkatan orang yang terkena virus kekebalan tubuh ini.

Dan pada peringatan AIDS sedunia 2015, pemerintah lebih fokus mempromosikan pencegahan AIDS pada alat transportasi, seperti yang diungkapkan Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Sigit Priohutomo.

Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, promosi pencegahan penularan AIDS dilakukan pemerintah pada alat transportasi umum darat, laut, dan udara. Alasannya, saat ini sektor transportasi adalah salah satu sektor yang rawan terpapar HIV. “Karena menyangkut interaksi antar manusia yang berasal dari satu tempat ke tempat lain,” katanya mengutip laman Tempo.

Menurutnya, mobilisasi manusia memungkinkan penularan HIV melalui hubungan seksual. Maklum saja, perpindahan manusia, khususnya para pria, banyak terjadi. Baik perpindahan antar kampung kota bahkan negara.

Baca juga: Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV

Sigit mengatakan bahwa dunia transportasi identik dengan “3M” yaitu man, mobile, dan money atau pria, berpindah-pindah, dan uang. Menurutnya, para pria cenderung membawa uang lebih jika ingin pergi ke suatu tempat. Tak jarang mereka tertular atau bahkan menularkan penyakit HIV/AIDS.

Dirinya berharap, dengan promosi pencegahan HIV/AIDS pada alat transportasi umum bisa membuat masyarakat lebih waspada.

Sementara pada peringatan Hari AIDS Sedunia jatuh hari ini, 1 Desember 2015, Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa jumlah HIV/AIDS pada 2015 berkurang dari tahun lalu. Jumlah kasus HIV pada 2015 berjumlah 24.791 dan kasus AIDS berjumlah 3.127. Hal ini berkurang dari 2014 yang HIV berjumlah 32.711 kasus dan AIDS berjumlah 5.494 kasus.

(fzh)

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)