home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pertama Kali Dilakukan, Penyandang Disabilitas Direkrut jadi Relawan Penanggulangan Bencana

Kamis, 03 Desember 2015 08:22 by fzhchyn | 1031 hits
Pertama Kali Dilakukan, Penyandang Disabilitas Direkrut jadi Relawan Penanggulangan Bencana
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekrut penyandang disabilitas sebagai relawan penanggulangan dan agen pengurangan risiko bencana. Sebelum perekrutan, mereka akan diberikan pelatihan peningkatan kapasitas yang dipusatkan di Kota Solo, mulai Rabu (2/12).

Kegiatan pelatihan akan berlangsung hingga 4 Desember 2015 dan diikuti oleh 98 penyandang disabilitas. Mereka berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

"Ini poses rekrutmen yang baru pertama kalinya. Kami diawali dengan kegiatan pelatihan selama empat hari. Para peserta akan diberikan materi kebencanaan dan tugas-tugas relawan. Antara lain, kesehatan, komunikasi, dapur umum, shelter, dan pendampingan psikologi," ujar Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Any Isgiati.

Menurut Any, setelah pelatihan, penyandang disabilitas yang termasuk kelompok rentan risiko bencana bukan hanya bisa mandiri dalam menanggulangi bencana, melainkan juga bisa membantu keluarga dan relawan di lingkungannya.

"Pelatihan kebencanaan bagi masyarakat terutama kelompok rentan sangat perlu dilakukan. Sebab, ketika bencana terjadi merekalah yang pertama kali akan melakukan kegiatan penanggulangan. Kami bangga meski dengan keterbatasan, mereka sangat bersemangat," tandasnya.

Baca juga: Suka Nggak Kepikiran, Ini Deretan Inovasi Teknologi Bagi Penyandang Disabilitas

Dia menambahkan, perlu diciptakan masyarakat yang mandiri, tangguh, dan yang kuat untuk menangani ketika bencana terjadi dan memberdayakan masyarakat sesudahnya. Sementara keterlibatan penyandang disabilitas akan disesuaikan dengan kemampuan yang mereka miliki.

Kepala Subdit Peran Serta Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo menambahkan selama ini semangat penyandang disabilitas untuk menjadi relawan penangulangan bencana cukup tinggi. Namun, sayangnya upaya untuk melibatkan mereka belum optimal dan terpadu.

"Pelatihan kebencanaan untuk penyandang disabilitas ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan. Ini untuk mewadahi semangat mereka. Di hari terakhir mereka akan langsung dikukuhkan sebagai relawan," pungkasnya.

[cob]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)