home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asyik! Ternyata Kuah Rebusan Mie Instan Aman Dikonsumsi

Kamis, 03 Desember 2015 19:40 by fzhchyn | 3850 hits
Asyik! Ternyata Kuah Rebusan Mie Instan Aman Dikonsumsi
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Selama ini ada anggapan bahwa mengkonsumsi air rebusan pertama pada mie instan itu tidak diperbolehkan. Alasannya adalah karena air tersebut bisa saja mengandung zat-zat tepung terigu atau bahkan lapisan lilin yang terdapat di mie instan.

Namun, saat dikonfirmasi kebenarannya kepada para ahli gizi dan dokter gizi, mereka sepakat bahwa hal itu tidak benar. Dokter spesialis gizi Cindiawaty Pudjiadi mengatakan, air rebusan mie aman saja untuk dikonsumsi.

"Kalau misalnya air yang dikonsumsi tidak baik, dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) akan memesan dilarang mengonsumsinya," kata dokter Cindi, mengutip laman CNN pada Selasa (01/12).

Cindi pun menekankan bahwa jika dari BPOM tidak memberikan catatan khusus, itu artinya memang benar tidak apa-apa jika air rebusan dikonsumsi.

Baca juga: Cara Seru Makan Mie yang Nggak Ngebosenin

Menanggapi rumor “air rebusan mie” yang selama ini beredar, Cindi pun mengatakan bahwa masyarakat Indonesia terlalu cepat mempercayai rumor yang beredar, apalagi tentang kesehatan, dan menelannya mentah-mentah tanpa mencari bukti penelitian terlebih dahulu.

Di sisi lain, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor Profesor Hardinsyah mengatakan air rebusan mie tidak perlu diganti dengan air panas yang baru. "Beberapa vitamin mudah larut. Ada vitaminnya di sana. Tidak apa-apa dimakan juga," kata Hardin.

Kepercayaannya akan kandungan mie instan yang tertera pada label, apalagi sudah diakui BPOM, membuat Hardin yakin vitamin yang ada di dalam mie ada yang ikut terlarut dalam air rebusan. Untuk persoalan air rebusan banyak mengandung tepung, Hardin mengatakan saat ini tepung pun sudah mengandung banyak vitamin. Salah satunya adalah asam folat yang berguna buat tubuh.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)