home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya High Heels, Sering Pakai Flat Shoes Juga Buruk Bagi Kesehatan

Rabu, 09 Desember 2015 14:00 by fzhchyn | 2788 hits
Tak Hanya High Heels, Sering Pakai Flat Shoes Juga Buruk Bagi Kesehatan
Image source: actslifesty

DREAMERS.ID - Selama ini kita mungkin sering mendengar tentang efek buruk yang ditimbulkan oleh pemakaian sepatu hak tinggi atau high heels yang terlalu sering. Tapi ternyata tidak hanya jenis sepatu berhak tinggi saja yang memiliki efek buruk. Sepatu dengan alas yang tipis atau yang lebih kita kenal dengan flat shoes juga buruk untuk tubuh lho.

Sepatu flat memang terlihat modis dan juga lebih mudah dipakai dibandingkan dengan menggunakan high heels atau sneakers. Bentuknya yang simple juga membuat banyak orang memilih menggunakan flat shoes setiap hari.

Namun seperti dilansir dari Genius Beauty, ahli ortopedi (ahli bedah tulang belakang) mengatakan bahwa sering mengenakan alas sepatu yang tipis berbahaya bagi kesehatan. Karena pada saat menggunakan sepatu flat, otot-otot kaki, tendon (tulang belakang kaki bagian bawah) pembuluh darah dan sendi bagian kaki menanggung beban 3 kali lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan kram, nyeri otot dan sakit punggung, serta masalah lutut.

Selain itu sering menggunakan flat shoes juga dapat mengakibatkan nyeri tumit, tumit pecah-pecah, bengkak pada jaringan tebal di dasar kaki, nyeri pinggul, dan dampak yang paling parah adalah terjadinya keretakan tulang telapak kaki. Hal ini dikarenakan flat shoes tidak memiliki bantalan empuk yang dapat memberikan penahan dan melindungi kaki agar saat berjalan tidak berhentakkan langsung.

Baca juga: Meski Nyaman, Terlalu Lama Pakai Flat Shoes Ternyata Punya Dampak Buruk

Ahli penyakit kaki dari Carnation Footcare menjelaskan, flat shoes cenderung meningkatkan lengkungan pada telapak kaki, yang menyebabkan kaki nyeri jika sering berjalan menggunakan flat shoes.

Untuk mengatasinya para ahli menyarankan untuk menambahkan bantalan kaki setinggi 2-3 cm saat menggunakan flat shoes. Hal ini bertujuan untuk memberi kenyamanan pada lengkungan telapak kaki sehingga dapat mengurangi tekanan pada daerah sensitif kaki.

Jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembab kaki, atau krim kaki untuk menghindari tumit pecah-pecah. Bisa juga mengkombinasi dengan menggunakan sesekali menggunakan sneakers. Tapi jika lebih nyaman menggunakan flat shoes memberi bantalan empuk di dalamnya cukup membantu menghindari efek buruknya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)