home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terlalu Ketat, Aturan Wisata Ke Korea Utara Ini Dianggap Aneh

Sabtu, 12 Desember 2015 16:05 by reinasoebisono | 6944 hits
Terlalu Ketat, Aturan Wisata Ke Korea Utara Ini Dianggap Aneh
Image source: Shutterstoc

DREAMERS.ID - Korea Utara (Korut) sampai saat ini memang masih menjadi negara tak lazim untuk tujuan wisata. Negara ini belum banyak terjamah oleh wisatawan dari luar. Namun bukan hal mustahil untuk mengunjungi negeri Kim Jong-un.

Buat kamu yang ingin mengunjungi negara Kim Jong-un ini ada beberapa aturan dan kebiasaan aneh negara itu yang perlu kamu ketahui agar tidak mengalami 'culture shock'. Dilansir dari situs resmi tur ke Korea Utara, Korea Konsult, berikut beberapa aturan atau syarat aneh yang perlu kamu taati jika ingin berkunjung ke Korea Utara.

1. Harus melalui agen tur resmi yang ditunjuk pemerintah Korut

Tidak seperti negara lain yang hanya mengurus visa turis atau bahkan ada yang membebaskan visa untuk negara-negara tertentu dan kemudian dengan bebas menjelajahi setiap sudut negaranya.

Untuk Korut mustahil jika kamu mau mengunjunginya tanpa agen perjalanan resmi yang bekerja sama atau ditunjuk langsung oleh pemerintah negara itu. Satu-satunya jalan agar bisa sampai ke sana adalah mendaftar paket wisata di agen-agen tur yang memang membuka paket wisata ke sana. Salah satunya adalah Korea Konsult.


Image source: fastcodesign.com

2. Ajukan visa turis

Mungkin hanya Korea Utara yang syarat pengajuan visanya harus bersama paket lengkap akomodasi hotel, pemandu, paket makan dan biaya perjalanan.

Khusus untuk kamu yang ingin menggunakan jasa tur Korea Konsult, agen ini bisa mengurus visa dari tempat tinggal. Dengan catatan, negara tempat tinggal calon traveler memiliki hubungan diplomatik dengan Korut yang ditandai dengan adanya kedutaan besar di negara itu. Beruntungnya, Indonesia punya hubungan diplomatik dengan Korut. Jadi, pengurusan visa akan lebih mudah dilakukan.

3. Aturan bagi jurnalis dan etika memotret

Korut tidak mengizinkan jurnalis masuk ke negaranya dengan berbekal visa turis. Jika ketahuan ada wartawan yang masuk ke sana dengan visa turis, maka hal ini digolongkan sebagai pelanggaran berat.

Sementara untuk urusan memotret, membawa kamera dan mengambil gambar bukanlah hal yang dilarang di negara ini. Tapi sebelum melakukannya, traveler wajib meminta izin terlebih dahulu kepada pemandu atau langsung kepada orang yang ingin difoto. Sebelum Anda keluar dari negara ini, biasanya kamera akan diperiksa terlebih dahulu dan kemungkinan beberapa gambar yang dianggap melanggar aturan akan dihapus.

4. Terbang menggunakan maskapai Korea Utara

Ada dua pilihan transportasi untuk pergi ke Korut. Pertama, menggunakan kereta api dan kedua, dengan pesawat terbang. Untuk kereta api, semua wisatawan bisa menggunakannya kecuali warga Amerika dan Israel. Warga kedua negara ini hanya boleh datang ke Korut dengan pesawat.

Sementara untuk moda transportasi pesawat, hanya ada satu maskapai yang melayani rute ke Korea Utara, yaitu Air Koryo yang memang merupakan maskapai milik negara tersebut.


Image source: Daily Mail

5. Tak ada koneksi internet

Kebanyakan destinasi yang dikunjungi di Korut adalah monumen dan pemakaman dari para pemimpin yang pernah berkuasa di sana.

Saat berkunjung ke tempat-tempat ini, ada aturan berpakaian tersendiri yang harus dipenuhi sebagai bentuk penghormatan. Aturannya adalah tidak boleh memakai kaos, celana jeans biru, celana pendek atau rok mini.

Selain itu, jangan pernah berharap kamu mendapatkan fasilitas wisata lengkap layaknya di negara-negara lain. Di Korut , bahkan mustahil untuk mendapatkan akses internet. Ditambah lagi, biaya telepon ke luar negeri di negara ini juga bisa berkali lipat tarifnya.

Baca juga: Bekas Kediaman Presiden Korsel Cheong Wa Dae Semakin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)