home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Coba Masakan Ala Eropa-Indonesia? Yuk, Intip Resep Mudah Dari 'Lasagna Rendang'!

Senin, 14 Desember 2015 21:00 by tyassss | 4365 hits
Ingin Coba Masakan Ala Eropa-Indonesia? Yuk, Intip Resep Mudah Dari 'Lasagna Rendang'!
Image source: .tripadviso

DREAMERS.ID - Kini orang-orang semakin kreatif dalam menyajikan sebuah hidangan makanan. Temasuk, berbagai menu unik hasil perpaduan makanan khas dari berbagai negara. Seperti menu bernama ‘Lasagna Rendang’ yang satu ini.

Rendang adalah makanan khas Minangkabau yang juga menjadi makanan andalan bagi Indonesia. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, karena rendang memiliki bumbu khas Indonesia ditambah dengan rasa pedas yang bisa membangkitkan selera makan.

Lalu, bagaimana jika makanan ini dipadukan dengan makanan khas benua Eropa yaitu lasagna? Biasanya lasagna dibuat dari pasta yang dipadukan dengan daging, saus dan keju. Namun untuk lasagna rendang, daging yang masukan kedalamnya merupakan daging sudah dimasak menjadi rendang.

Baca juga: Resep Tahu Telur Keju Ala Yoo Yeon Seok untuk Sarapan Praktis

Bagi yang penasaran ingin mencoba, berikut terdapat resep mudah yang dilansir dari NCC Pasta Week yang bisa dilakukan sendiri dirumah:

Bahan-bahan:

2 sdm olive oil
1 bh bawang bombay sedang, cincang
1 bks bumbu rendang siap pakai
750g daging giling
4 butir tomat segar
200ml santan instant
50g tomat pasta
1sdt lada hitam bubuk
Olive oil, ekstra, untuk mengoles
1 bks lasagne instan siap pakai
60g mozzarella parut

Saus keju:
750 ml skim milk/ santan encer
2 lembar daun salam
2 bh bawang putih, memarkan
10 butir lada hitam utuh (optional)
1 cm kayu manis
Sejumput pala bubuk
60g mentega
50g tepung serba guna
70g parmesan bubuk
Lada dan garam


Cara Membuat:

  1. Buat irisan melintang pada kulit tomat. Rendam di air mendidih selama 5 menit atau sampai kulit luar terkelupas. Tiriskan dan kupas semua tomat. Cincang kasar tomat. Sisihkan.
  2. Panaskan olive oil, masukan bawang bombay cincang dan aduk sampai bawang layu. Masukan daging giling bersamaan dengan bumbu rendang. Aduk dengan sendok kayu sampai semua daging giling terpisah dan berubah warna.
  3. Masukan tomat cincang dan juga tomat pasta. Aduk rata.
  4. Tuang santan dan didihkan sambil terus di aduk. Kecilkan api dan teruskan memasak selama 30 menit sambil sesekali di aduk sampai agak mengental.Selesaikan rasanya dengan menambahkan lada serta garam. Angkat dan sisihkan.
  5. Saus keju: Tuang skim milk/santan cair dengan lada butir, daun salam, bawang putih, kayu manis, pala bubuk.
  6. Panaskan dengan api kecil sambil di aduk-aduk. Angkat dari api dan sisihkan selama 20 menit sampai semua bumbu terserap. Saring larutan susu/santan. Sisihkan.
  7. Panaskan mentega sampai berbusa, masukan tepung serba guna dan aduk sampai campuran matang dan lepas dari dinding panci. Angkat.
  8. Tuang larutan susu/ santan kedalam panci mentega dan tepung, Aduk cepat sampai cairan susu/santan tercampur rata.
  9. Kembalikan panci keatas api dan teruskan mengaduk sampai campuran meletup-letup, kecilkan api. Masukan keju dan aduk sampai keju larut. Cicipi.
  10. Panaskan oven pada suhu 180 C. Oles loyang persegi dengan olive oil, tuang saus keju pada dasar loyang, letakan lasagne lembaran. Tuang rendang daging dan ratakan.
  11. Lapisi dengan lambaran lasagne, tuang rendang dan ratakan. Selesaikan melapis sampai lembaran lasagne dan rendang habis. Akhiri melapis lasagne dengan saus keju dan taburi rata dengan mozzarella parut.
  12. Panggang selama 40 menit atau sampai keju meleleh dan berwarna keemasan, dan pinggiran (kalau memakai pyrex) mengeluarkan gelembung. Angkat dan sisihkan selama 15 menit. Hidangkan.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)