home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurang Manfaat, Ini Alasan Kamu Harus Berhenti Makan Roti Putih

Rabu, 16 Desember 2015 20:28 by fzhchyn | 2726 hits
Kurang Manfaat, Ini Alasan Kamu Harus Berhenti Makan Roti Putih
Image source: eatthis.com

DREAMERS.ID - Tak hanya di budaya Barat, mengkonsumsi roti di pagi hari sebagai menu sarapan juga sudah cukup umum di Asia termasuk Indonesia. Tapi sayangnya, jika kamu termasuk orang benar-benar mementingkan kesehatan, sepertinya harus rela meninggalkan roti putih ini.

Dibandingkan dengan roti putih, rati gandum utuh lebih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti dilansir The Daily Meal, ini alasan mengapa kamu harus berhenti mengkonsumsi roti putih.

1. Nilai nutrisi sedikit

Roti putih dibuat dengan bahan utama tepung, yang semua nutrisinya sudah dilucuti dan hanya tinggal patinya saja. Berbeda dengan roti gandum yang terbuat dari gandum utuh yang masih kaya serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

2. Tidak membuat kenyang

Mengkonsumsi roti putih bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan ini membuat karbohidrat tercerna dengan cepat. Sedangkan pada roti gandum, kandungan seratnya justru membuat energi dilepaskan dengan lebih lambat, yang artinya dapat mengenyangkan perut lebih lama.

3. Menaikan berat badan

Baca juga: Ini Alasan Kamu Harus Berhenti Sarapan dengan Roti Tawar

Banyak penelitian yang telah menunjukkan hubungan antara makan roti putih dalam jumlah yang banyak dengan kenaikan berat badan selama lebih dari 12 tahun ini.

4. Penuh zat aditif dan bahan pengawet

Roti putih yang menjadi kesukaanmu itu banyak mengandung bahan pengawet seperti mono dan digliserida, DATEM, kalsium peroksida, dan amonium sulfat. Semua bahan ini benar-benar tidak bernutrisi, dan hanya digunakan untuk membuat roti lebih lembut dan tahan lama.

5. Tidak memiliki rasa

Tidak bisa dipunkiri kalau saat mengkonsumsi roti putih kita perlu bahan lain untuk memberikan rasa seperti mentega, selai, dan lainnya. Tapi karena sudah terbiasa, kita menjadi tidak begitu memperdulikan hal tersebut. Berbeda dengan roti gandum yang kaya rasa dan seperti makanan sungguhan.

Jadi, masih mau makan roti putih, Dreamers? (fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)