home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hiiii, Sering Pakai Earphone Bisa Sebabkan Tuli

Kamis, 13 Desember 2012 14:00 by citra09 | 6191 hits
Hiiii, Sering Pakai Earphone Bisa Sebabkan Tuli
footage.shutterstock.com

Ketika sedang berkegiatan di rumah atau berjalan-jalan di mall, kita pasti sering ditemani dengan musik dan dilengkapi dengan earphone di telinga kita. Mendengarkan musik memang suatu hal yang menyenangkan dan tidak akan mengganggu orang lain jika kita menggnunakan earphone.

Namun ternyata, terlalu sering mendengar musik dengan suara keras di earphone bisa menyebabkan ketulian sementara.  Sebuah penelitian yang dilakukan University of Leicester di Inggris, seperti dilansir Newsmaxhealth melaporkan bahwa pemakaian earphone dengan suara keras mencapai desibel (ukuran kekuatan suara) yang mendekati kekuatan suara mesin jet yang sangat kuat bisa menyebabkan ketulian sementara.

Baca juga: Simak Bahaya Menggunakan Earphone Terlalu Sering

Para ahli mengungkapkan bahwa suara dari earphone akan merusak myeling yang melapisi sel saraf pendengaran. Myeling bertugas melindungi saraf yang membawa suara dari telinga untuk diproses dalam otak, sehingga menyebabkan ketulian sementara. Tapi Myelin bisa tumbuh kembali seiring berjalannya waktu.

Tapi kita tetap harus waspada, karena suara musik keras seperti musik rock atau Metallica dapat mencapai 110 desibel ke atas. Sebagai perbandingan, suara 120 – 140 desibel antara lain adalah suara petasan, sepeda motor, dan ledakan tembakan ringan. Jika seseorang terlalu sering mendengar suara earphone lebih dari 110 desibel, maka dia bisa mengalami kerusakan pendengaran.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)