home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diklaim ‘Anti-Rusak’, Seperti Apa Isi Sistem Operasi Buatan Korea Utara?

Kamis, 31 Desember 2015 11:06 by fzhchyn | 3677 hits
Diklaim ‘Anti-Rusak’, Seperti Apa Isi Sistem Operasi Buatan Korea Utara?
Image source: idigitaltim

DREAMERS.ID - Florian Grunow dan Niklaus Schiess adalah peneliti dari perusahaan keamanan jaringan asal Jerman bernama ERNW GmbH. Mereka berdua berhasil membedah operating system (OS) atau sistem operasi buatan Korea Utara yang diberi nama Red Star.

Awalnya, Korea Utara mengklaim bahwa OS buatan mereka dibuat untuk menjaga keamanan transaksi data di negara tersebut. Dan hasil pembedahan yang dilakukan Florian dan Niklaus ternyata menunjukkan hal cukup mencengangkan.


Image source: pinterest.com

Sistem operasi terbaru yang tercatat dibuat tahun 2013 lalu ini terlihat dibuat berdasarkan salah satu versi dari Linux yang bernama Fedora. “Ini adalah sistem operasi yang sepenuhnya mereka kembangkan, di mana mereka mengatur hampir semua kode yang ada,” ungkap Florian.

Kedua peneliti tersebut juga mengungkapkan bahwa Red Star merupakan OS yang sangat tertutup, sama seperti negara yang menciptakannya. Dalam artian, pemerintah Korut ingin mengisolasi dan mengontrol semua informasi yang beredar melalui sistem operasi ini.


Image source: slashgear.com

Sebagai sebuah OS, Red Star memang berbeda dari OS lainnya. OS ini 'anti-rusak'. Bahkan, komputer akan menampilkan pesan eror dan melakukan reboot dengan sendirinya bila pengguna yang mencoba membuat perubahan kepada fungsi dasar OS, seperti menonaktifkan pemeriksa antivirus atau firewall.

Baca juga: Huawei Daftarkan Paten OS Harmony, Siap Lawan Android

Red Star juga bagaikan OS 'mata-mata' virtual yang memantau dan menindak pertukaran tulisan, musik, atau film yang dilakukan secara diam-diam di Korea Utara. Bukan hanya itu, Red Star juga dapat menandai file dokumen atau media pada komputer seseorang, bahkan yang belum pernah dibuka sama sekali. OS ini juga dapat melacak file pada perangkat USB yang terhubung dengan komputer.

“Hal ini benar-benar melanggar privasi. Ini tidak transparan kepada para pengguna. Hal ini dilakukan secara diam-diam, bahkan menyentuh data yang anda belum pernah buka sebelumnya,” kritik Florian.

Korea Utara pun bukan satu-satunya negara yang memiliki OS yang dikembangkan secara mandiri. Negara komunis lainnya seperti Kuba, China, dan Rusia pun juga diketahui memiliki OS serupa.

(fzh/kompas/cnnindonesia)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)