home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Arus Balik Libur Tahun Baru, 15 Ribu Kendaraan Padati Merak

Minggu, 03 Januari 2016 15:05 by fzhchyn | 982 hits
Arus Balik Libur Tahun Baru, 15 Ribu Kendaraan Padati Merak
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Sekitar 15.000 kendaraan roda empat dan roda dua diprediksikan akan memadati Pelabuhan Merak Minggu (3/1). Para pengendara adalah mereka yang pulang setelah menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru 2016 di berbagai daerah di Pulau Sumatera.

"Kami menerima laporan dari 26 ribu mobil dan sepeda motor baru 11 ribu yang sudah kembali ke Pulau Jawa dan sisanya 15 ribu belum kembali," kata Plt Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sugihardjo saat meninjau arus balik Pelabuhan Merak, seperti dikutip Antara, Sabtu (2/1).

Selama ini, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang maupun kepadatan kendaraan. ASDP mengoperasikan 28 kapal berkapasitas besar sehingga bisa menampung ribuan penumpang dan kendaraan.

Selain itu juga lima dermaga dioperasikan untuk menampung penumpang dan kendaraan mobil pribadi maupun sepeda motor. "Kami memperkirakan puncak arus balik akan terjadi Minggu (3/1) besok," ujarnya.

Baca juga: Alasan Mengapa Sistem One Way Tak Cocok untuk Arus Balik Lebaran

Ia juga mengatakan, antrean kendaraan yang terjadi 23-24 Desember 2015 akibat penerapan sistem e-ticketing yang baru diterapkan layanannya tidak optimal. Akibatnya, ribuan kendaraan pribadi memadati Pelabuhan Merak hingga menimbulkan antrean. Karena itu, pihaknya kini menyempurnakan sistemnya agar tidak terulang kembali terjadi antrean dan kemacetan kendaraan. "Kami terus mengupayakan agar ke depan pelayanan menjadi lebih baik," katanya.

Sugihardjo juga melakukan video conference dengan Dirlantas Polda Banten yang berada di Mercu Suar, Pantai Anyer. Mereka berkoordinasi terkait skema pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan dan macet panjang.

Selama ini, pengunjung ke kawasan objek wisata masih padat. "Kami akan menambahkan petugas ke Pelabuhan Merak jika terjadi lonjakan kendaraan dan penumpang," katanya. [ren]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)