home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seru, Festival Penyucian Binatang Ini Bawa Kuda ‘Sebrangi’ Lautan Api!

Kamis, 21 Januari 2016 13:03 by reinasoebisono | 3129 hits
Seru, Festival Penyucian Binatang Ini Bawa Kuda ‘Sebrangi’ Lautan Api!
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah desa di Spanyol, San Bartolome de los Pinaris memiliki tradisi unik yang diadakan setiap tahunnya dan didedikasikan untuk melindungi binatang. Acara keagamaan tidak biasa yang satu ini bertujuan untuk menyucikan binatang peliharaan dan ternak mereka.

Festival bernama Las Limunarias yang biasa diadakan pertengahan Januari ini dilakukan semalam sebelum hari Santo Antonius yang merupakan pelindung binatang. Cara melakukan upacaranya pun unik. Warga menaiki kuda dan menggiringnya untuk melewati tengah-tengah api unggun.


Image source: CNN

Las Luminarias telah dilakukan sejak 500 tahun lalu. Dan menurut kepercayaan masyarakat, jika tradisi ini tidak dilakukan, para binatang di desa tersebut akan mulai sakit dan terburuknya akan meninggal dengan tidak jelas penyebabnya.

Karena festival ini melibatkan kuda dan penunggangnya melewati api besar, banyak orang luar desa yang mempertanyakan aspek keselamatan. Namun penduduk San Batolome menegaskan tidak pernah ada warga maupun binatang yang terluka sepanjang festival diadakan.



Para kuda yang disucikan menggunakan asap api unggun yang disebranginya (CNN)

Inti sebenarnya dari ritual ini adalah menyucikan binatang dengan asap yang ditimbulkan dari api unggun besar. Ritual membara ini pun didampingi oleh seorang pastor dan dua saksi yang memberkati para binatang.

Karena dilakukan di malam hari, pemandangan cantik dari kontrasnya api unggun membara terlihat jelas di tengah kegelapan malam. Kuda-kuda yang melompati api unggun ini diyakini tidak hanya mengusir setan, namun juga membawa kesuburan, kesejahteraan dan kesehatan yang prima.

(rei/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)