home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Salahkan Makanan! Hal-hal Ini Juga Bisa Jadi Penyebab Kegemukan

Kamis, 28 Januari 2016 20:33 by fzhchyn | 2381 hits
Jangan Salahkan Makanan! Hal-hal Ini Juga Bisa Jadi Penyebab Kegemukan
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Pola makan yang tidak teratur atau berlebihan memang bisa menciptakan sel-sel lemak dan menumpuk di beberapa bagian tubuh yang berujung pada kemukan. Sehingga untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal kembali, banyak orang cenderung melakukan diet atau membatasi asupan makanan.

Padahal ada beberapa penyebab kegemukan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Faktanya, beberapa kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari justru menjadi penyebab kegemukan.

1. Duduk

Bukan rahasia lagi jika gaya hidup yang satu ini dapat menyebabkan berbagai masalah, di antaranya adalah kegemukan. WebMD melaporkan bahwa “tidak melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.”

Beberapa cara untuk mengatasinya diantaranya adalah dengan berjalan-jalan, peregangan, atau hanyadengan melakukan gerakan setidaknya lima menit di sela-sela duduk.

2.Tidak cukup tidur

Ada beberapa peneitian yang menunjukkan adanya hubungan antara kurang tidur dengan kegemukan, yaitu kebiasaan makan yang buruk seperti meminum banyak kopi dan gula berlebih yang dikonsumsi. Hal itu akan memicu kelesuan dan membuat hasrat pergi ke gym berkurang.

3. Postur tubuh yang buruk, bahkan jika hanya ilusi

Postur tubuh yang buruk tidak benar-benar berhubungan dengan kegemukan. Tapi tubuh yang bungkuk akan membuat kelebihan berat badan terlihat berkali-kali lipat. Untuk mengatasi hal ini, perhatikan cara duduk dan berdiri sehingga postur tubuh menjadi sempurna.

4. Malas jalan kaki

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Makan Pasta Tak Bikin Gemuk Meski Kaya Karbohidrat

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan eskalator saat ada tangga tepat disampingnya. Menggunakan elevator hanya untuk naik dua lantai dan naik taksi untuk jarak dekat. Sebisa mungkin hindari kebiasaan-kebiasaan itu. Karena disadari atau tidak, hal-hal itu justru dapat dimanfaatkan sebagai bentuk olahraga.

5. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat yang dikonsumsi mungkin bepengaruh pada berat badan, jadi sangat penting untuk mendiskusikannya dengan dokter jika merasa mengalami perubahan pada berat badan.

6. Buru-buru mengganti piyama sesampainya di rumah

Hal ini lebih mengarah ke masalah psikologi, karena saat seseorang sudah memakai piyama, orang tersebut memiliki pemikiran bahwa dirinya tidak akan melakukan apapun semalaman. Dan hal ini memicu untuk bermalas-malasan seperti hanya berbaring di sofa, menonton televisi, bahkan memakan junk food karena merasa bosan.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini, miliki hobi atau aktivitas yang membuat tubuh lebih banyak bergerak.

7. Tidak Berolahraga

Tidak ada orang yang bisa menjaga diri kita tetap sehat selain diri kita sendiri. Jadi buang jauh-jauh rasa malas untuk berolahraga.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)