home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenapa Kulit Sayuran Tak Perlu Dikupas? Ini Tiga Alasannya

Senin, 01 Februari 2016 23:00 by tyassss | 1879 hits
Kenapa Kulit Sayuran Tak Perlu Dikupas? Ini Tiga Alasannya
Image source: missjosanfr

DREAMERS.ID - Jika kita akan mengonsumsi sayuran, biasanya sayuran tersebut dibersihkan atau dikupas terlebih dahulu. Namun, ternyata tidak semua kulit sayuran yang dibuang merupakan ‘sampah’ yang tidak berguna, melainkan terdapat sejumlah sayuran yang seharusnya tidak dikupas kulitnya karena memiliki banyak manfaat.

Seperti yang dilansir dari The Kitchn, terdapat tiga alasan untuk tidak mengupas sayuran yang akan dimasak atau dikonsumsi.

Ekstra Serat

Inti sayuran memang sudah pasti mengandung banyak serat. Namun ternyata, kulit yang biasanya kamu buang itu juga mengandung banyak serat. So, jika kamu mengonsumsi sayuran tersebut bersama kulitnya, kamu akan mendapatkan serat yang lebih banyak.

Jika dicuci hingga benar-benar bersih, baik organik maupun tidak, sayuran tersebut sudah bisa dikatakan baik untuk dikonsumsi.

Tambah Cita Rasa dan Tekstur

Baca juga: Jangan Asal Manis, Perhatikan Jenis Makanan Ini Untuk Menu Buka Puasa

Seperti halnya mentimun, buah yang juga disebut sebagai sayuran ini akan terasa kurang nikmat dan renyah jika kulitnya dikupas. Begitupun dengan kentang yang dipanggang, ada kesan rasa nikmat yang khas dari kulit garing dan daging kentangnya yang empuk.

Ada pula kulit yang tidak berkontribusi apa-apa terhadap sayuran itu sendiri seperti wortel, yang tidak akan terasa bedanya baik dikupas maupun tidak karena wortel memiliki kulit yang sangat tipis.

Kapan dan Sayuran Apa yang Kulitnya Harus Dikupas?

Meski terbilang mengandung serat, namun ada beberapa sayuran yang setidaknya memang harus dikupas terlebih dahulu sebelum digunakan. Seperti labu, kohlrabi, seledri dan beberapa sayuran lainnya yang memiliki kulit luar yang cukup tebal dan keras.

Cara memasak juga menjadi pertimbangan untuk dimana kita harus mengupas kulit sayuran. Misalnya makanan mashed potato, yang mana kulit kentang harus dikupas dahulu sebelum dihaluskan.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)