home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bisa Nikmati Pemandangan di Luar, Duduk Dekat Jendela Pesawat Ternyata Tak Baik Bagi Kesehatan

Senin, 01 Februari 2016 23:00 by fzhchyn | 2339 hits
Bisa Nikmati Pemandangan di Luar, Duduk Dekat Jendela Pesawat Ternyata Tak Baik Bagi Kesehatan
Image source: Alamy

DREAMERS.ID - Duduk disamping jendela ketika perjalanan memang paling mengasyikan karena dapat mengamati keadaan diluar. Begitu juga dengan penumpang pesawat yang selalu meminta kursi di samping jendela. Tetapi sebuah penelitian menyarankan kita untuk memilih tempat yang jauh dari jendela.

Penelitian tersebut telah membuktikan duduk di samping jendela selama penerbangan berdampak buruk bagi kesehatan. Para ahli dari American College of Chest Physicians menjelaskan bahwa duduk dekat jendela pesawat cenderung membuat seseorang malas bergerak. Selain itu banyak penumpang  yang duduk dekat jendela karena merasa  tak enak jika harus melewati penumpang sebelahnya.

Nah bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh, duduk diam selama lebih dari 8-10 ham beresiko mengalami penyumbatan pembuluh darah, terutama bagi ibu hamil, orangtua, dan perempuan yang mengkonsumsi pil KB.

Deep vain thrombosis atau DVT merupakan bentuk penggumpalan darah di bagian kaki. Kondisi ini cukup serius, karena terkadang bekuan tersebut bisa pecah dan mengalir melalui peredaran darah ke organ-organ vital dan bisa menyebabkan gangguan hingga kematian.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Terlalu Lama Duduk

Sebelumnya, DVT dianggap sebagai sindrom kelas ekonomi yang seolah-olah DVT hanya menyerang penumpang kelas ekonomi. Tetapi penelitian ini menegaskan kasus ini banyak terjadi pada penumpang kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

“Penerbangan dengan kelas ekonomi tidak meningkatkan risiko DVT, melainkan disebabkan oleh lamanya duduk di kursi yang membuat seseorang tidak bergerak. Duduk di dekat jendela membatasi pergerakan, sehingga memicu risiko DVT,” tutur Dr. Mark Crowther dari McMaster University di Ontario, Kanada.

Dikutip dari Daily Mail, para dokter menganjurkan para penumpang pada penerbangan jauh untuk sering berjalan dan berdiri sepanjang lorong atau pergi ke toilet, meregangkan otot betis dan mengubah posisi duduknya.

Sementara itu, penelitian lain di tahun 2007 menemukan penumpang dengan penerbangan jarak jauh memiliki risiko tiga kali lebih tinggi mengalami DVT, terutama wanita dan mereka yang tinggi badannya lebih dari enam kaki, lebih pendek dari 5,4 kaki atau kelebihan berat badan.

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)