home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Virus Zika, Ini Tips Agar Terhindar dari Gigitan Nyamuk

Kamis, 04 Februari 2016 18:13 by fzhchyn | 2499 hits
Waspada Virus Zika, Ini Tips Agar Terhindar dari Gigitan Nyamuk
Image source: momjunction

DREAMERS.ID - Wabah virus Zika saat ini tengah menjadi perhatian di dunia. Pasalnya virus yang disebarkan nyamuk aedes aegypti, persis demam berdarah ini diduga bisa memicu kerusakan otak dan cacat fisik bayi. Virus ini telah menyebar di Amerika Selatan, terutama Brasil.

Selain memungkinkan membawa penyakit berbahaya, gigitan nyamuk sendiri sudah sangat menyebalkan karena bisa meninggalkan bekas luka dan rasa gatal. Nah berikut adalah beberapa tips agar tidak digigit nyamuk melansir laman Health Me Up.

1. Menggunakan minyak lavender

Bau lavender adalah bau yang tidak disukai oleh nyamuk. Oleskan minyak lavender pada sepotong pita dan gantungkan pita tersebut pada jendela. Dengan begitu, nyamuk tidak akan masuk ke dalam rumah.

2. Tanaman pengusir nyamuk

Tanaman seperti serai, lemon, marigold, kemangi, lavender, peppermint, dan rosemary adalah jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk secara alami. Tanam tanaman tersebut jika memiliki ruang untuk menanam.

3. Bersihkan genangan air

Baca juga: Virus Zika: Ketika Obat Nyamuk Jadi Kebutuhan Utama Warga Singapura

Genangan air adalah tempat favorit nyamuk karena serangga ini sering bertelur di sana. Secara rutin, bersihkan genangan air yang ada di sekitar lingkungan, seperti vas bunga, kolam, atau kolam renang sehingga nyamuk tidak akan berkembang biak di sana.

4. Menggunakan baju berwarna terang

Usahakan untuk memakai baju berwarna terang pada setiap aktivitas. Nyamuk tertarik dengan baju berwarna gelap karena itu akan nampak seperti bulu binatang.

5. Jangan pakai parfum beraroma bunga

Nyamuk sangat tertarik dengan madu yang berasal dari bunga. Jika menggunakan parfum beraroma bunga, maka hal itu akan menarik perhatian nyamuk. Jadi lebih baik hindari penggunaanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)