home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-Hati, Terlalu Lama Duduk Di Depan Laptop Ternyata Berpengaruh Buruk Bagi Tubuh

Sabtu, 06 Februari 2016 10:46 by dodo07 | 1884 hits
Hati-Hati, Terlalu Lama Duduk Di Depan Laptop Ternyata Berpengaruh Buruk Bagi Tubuh
Image source: entrepreneu

DREAMERS.ID - Tidak sedikit orang yang melakukan aktifitas hampir seharian di depan komputer atau laptop. Kegiatan ini tidak hanya berlangsung satu jam atau dua jam saja melainkan bisa lebih sampai 5 jam. Ternyata aktifitas duduk diam lama di depan laptop atau komputer ini dalam jangka panjang akan membawa pengaruh buruk untuk tubuh.

Tanpa kita sadari, aktifitas yang sehari-hari kita ini berdampak pada meningkatnya resiko untuk terkena penyakit diabetes tipe 2 sebesar 22 persen. Julianne van der Berg, seorang peneliti dari Maastricht University di Belanda, juga mengatakan semakin lama kamu duduk, semakin besar resiko kamu terkena diabetes tipe 2, walaupun kamu sering olahraga.

Penyakit diabetes sendiri merupakan penyakit dimana kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal. Penyakit ini bisa juga menjadi penyebab penyakit jantung dan ginjal, serta dapat menyebabkan kebutaan dan amputasi anggota tubuh. Diabetes sendiri terbagi menjadi dua tipe. Dan diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang paling umum dialami.

Diabetes tipe 2 disebabkan menurunya produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal, bisa juga menyebabkan tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Biasanya keadaan seperti ini dikenal sebagai resistansi terhadap insulin.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Terlalu Lama Duduk

Walaupun mempunyai kaitan, Berg tidak ingin mengaitkan permasalahan terlalu lama duduk dengan penyakit menyeramkan ini secara lebih detail. Dia dan rekan-rekannya pun masih akan terus meneliti soal ini. Tetapi ternyata dilansir dari laman news health, bukan hanya Berg saja yang sedang meneliti keterkaitan kebiasaan ini dengan salah satu penyakit yang berdampak pada kematian ini.

Dr Joel Zonszein, direktur Diabetes Center Klinis di Montefiore Medical Center di New York City, juga mengatakan banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2, termasuk kecenderungan genetik untuk penyakit ini. Dia juga menambahkan, kurang aktif bergerak dan diet ternyata juga diketahui dapat meningkatkan resiko penyakit ini.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)