home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miliki Keindahan Pantai Eksotis, Pulau di Jawa Timur Ini Dapat Bergerak Sendiri?

Selasa, 09 Februari 2016 18:30 by reinasoebisono | 3249 hits
Miliki Keindahan Pantai Eksotis, Pulau di Jawa Timur Ini Dapat Bergerak Sendiri?
Image source: wisatajatim

DREAMERS.ID - Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Pesona Gunung Bromo yang eksotis menggiring masyarakat untuk mengunjungi salah satu daerah di Jawa Timur ini.

Meskipun dapat ditempuh melalui Pasuruan, tapi sebagian besar pengunjung lebih memilih jalur pendakian melalui Probolinggo untuk sampai ke Bromo karena aksesnya dianggap lebih mudah. Selain Bromo, 'kota mangga' ini juga menyimpan beberapa wisata alam yang luar biasa.

Adalah Pulau Gili Ketapang, yang dihuni oleh mayoritas keturunan Madura. Ada satu keunikan yang membuat pulau ini menjadi buah bibir di masyarakat setempat. Konon, menurut cerita masyarakat sekitar, pulau ini diyakini bisa bergerak. Asal usul nama Gili Ketapang sendiri berasal dari kepercayaan bahwa pulau ini memiliki kekuatan gaib yang membuatnya dapat bergerak perlahan ke tengah lautan.


Image source: wisatagunungbromo.com

Diceritakan, pada awalnya pulau ini menjadi satu bagian dengan Desa Ketapang, Kecamatan Sumerasih, Probolinggi di Pulau Jawa. Namun saat Gunung Semeru meletus, terjadilah gempa bumi dahsyat yang memisahkan kedua daratan tersebut.

Kemudian Desa Ketapang terpisah sejauh lima kilo mil dari arah kota Probolinggo. Sejak itu masyarakat setempat menyebut pula dengan nama Gili Ketapang yang dalam bahasa Madura berarti 'pulau mengalir'.

Meskipun penduduknya sangat ramah, tapi orang-orang yang datang ke sana cukup terkendala dengan masalah bahasa. Rata-rata penduduk hanya berkomunikasi dengan bahasa Madura dan tidak bisa bahasa Jawa apalagi bahasa Indonesia.

Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, pulau unik ini juga memiliki Goa Kucing yang dikeramatkan. Konon goa ini dihuni oleh seekor kucing gaib yang bertubuh jauh lebih besar daripada kucing pada umumnya. Masyarakat percaya bahwa goa ini merupakan petilasan Syekh Maulana Ishaq, seorang ulama penyebar agama Islam.


Goa kucing (Dreamers.id)

Lokasi Goa Kucing terletak di sebelah timur pulau, berdekatan dengan sebuah masjid. Goa Kucing memiliki bentuk seperti lubang sumur yang bisa dimasuki oleh satu orang. Di dalam goa tersebut terdapat mata air tawar.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)