home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ini Beberapa Alasan Warna Passport Tiap Negara Berbeda (Part 2)

Kamis, 11 Februari 2016 23:00 by reinasoebisono | 4023 hits
Ternyata Ini Beberapa Alasan Warna Passport Tiap Negara Berbeda (Part 2)
Image source: berita2baha

DREAMERS.ID - Di artikel sebelumnya, telah dijelaskan beberapa alasan mengapa tiap negara memiliki warna passport yang berbeda. Ada yang mengambil alasan warna khas negara atau bendera kebangsaan, hingga alasan tampilan yang dianggap lebih formal.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Tahukah kamu jika sebenarnya Indonesia saja punya sampul passport yang berbeda warna sesuai dengan jenis dan tujuan penggunaanya. Apa saja?

1. Passport Biasa/Umum

Passport yang satu ini paling sering ditemui karena memang diberikan untuk warga biasa yang ingin melakukan perjalanan reguler ke negara lain. Passport ini berwarna hijau dan dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum dan HAM.

2. Passport Diplomatik

Ini adalah salah satu passport khusus karena hanya diberikan bagi mereka yang melakukan perjalanan khusus yang biasanya berhubungan dengan pemerintahan. Ada beberapa keistimewaan pula yang didapat untuk pemegang passport berwarna hitam ini di negara tujuannya.


Image source: berita2bahasa.com

3. Passport Dinas

Baca juga: Wah, NCT Jadi Grup K-Pop dengan Passport Internasional Paling Beragam?

Passport jenis ini dikeluarkan untuk petugas pemerintah yang memiliki misi ke luar negeri. Sama seperti Diplomatik, pemegang passport ini akan mendapat beberapa kemudahan yang tidak dimiliki passport biasa. Passport berwarna biru ini dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri setelah dapat izin dari Sekretaris Negara.

4. Passport Asing/Haji

Passport ini khusus untuk Warga Negara Indonesia yang akan melakukan ibadah Haji. Ciri-cirinya adalah bersampul coklat. Uniknya, passport ini justru dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Namun Imigrasi Indonesia juga mengeluarkan passport jenis ini khusus untuk warga asing yang punya izin tinggal di Indonesia tapi ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Selain passport sesuai warna di atas, ada beberapa lagi passport Indonesia, seperti passport Biometrik yang memiliki chip di dalamnya yang berisi tentang biodata pemegang untuk alasan keamanan.

Apakah kamu pernah memiliki beberapa passport warna-warna di atas, Dreamers? ^^

(rei/berbagai sumber)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)