home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Lagi Secara Fisik, Kini Makin Banyak Remaja Korea Terlibat Cyber Bullying

Jumat, 12 Februari 2016 11:00 by fzhchyn | 3135 hits
Tak Lagi Secara Fisik, Kini Makin Banyak Remaja Korea Terlibat Cyber Bullying
Image source: 1080plus.co

DREAMERS.ID - Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan baru-baru ini, menunjukkan bahwa setengah dari remaja di Korea telah menjadi korban bullying secara online. Intimidasi tersebut kebanyakan terjadi melalui layanan pesan instan yang populer di kalangan remaja Korea, KakaoTalk.

Dalam melakukan survei tersebut, Korea Institute of Criminology mengambil 5.356 siswa sekolah dasar. Karena semakin banyaknya remaja yang menggnakan smartphone, bullying di sekolah yang biasa terjadi secara fisik kini telah beralih ke dunia maya.

Sebanyak 46,6% responden mengatakan bahwa mereka telah mengalami cyber bullying, namun yang lebih buruk adalah 56% mengaku telah melakukan bullying tersebut dan menjadi pelakunya. Hasil survei juga menunjukkan satu dari dua korban merupakan teman satu kelas.

Seperti dilaporkan Chosun Ilbo, para korban bully sering diundang ke grup chat lalu dilecehkan, atau pelaku membuat chatroom sendiri di mana mereka akan menyebarkan komentar kasar tentang korban di belakang.

Sementara itu, bullying yang terjadi di Facebook dan media sosial lainnya terhitung sangat kecil.

Baca juga: Stop Bullying dengan Kenali Jenis-jenisnya, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?

Nahasnya, 4,4% korban cyber bullying ini mengatakan kalau mereka telah dianggap bunuh diri, sementara 4,5% mengatakan kalau mereka memiliki waktu yang sulit untuk menjalin pertemanan dan 5,5% lainnya merasa dikucilkan.

Sedangkan bagi para pelaku, sebanyak 23,2% mengaku bahwa mereka tidak memiliki emosi tertentu saat mem-bully temannya. Dan 14,2% merasa bersalah karena mereka hanya bersenang-senang.

“Cyber bullying sering mengarah ke kekerasan dalam kehidupan nyata,” kata Lee Seung Hyun dari lembaga survei tersebut. Sebanyak 28% korban juga mengatakan kalau kekerasan terjadi dalam kehidupan nyata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)