home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tambah Warisan Wisata, Indonesia Akan Bangun 10 ‘Bali’ Baru!

Jumat, 12 Februari 2016 17:33 by reinasoebisono | 9864 hits
Tambah Warisan Wisata, Indonesia Akan Bangun 10 ‘Bali’ Baru!
Image source: Dream

DREAMERS.ID - Pemerintah ingin mempercepat pembangunan 10 tujuan wisata prioritas di tanah air. Nantinya, sepuluh tempat ini akan menjadi tujuan wisata internasional seperti Bali. Indonesia akan membangun "10 Bali" baru.

Desinasi-destinasi yang akan dibangun itu adalah Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang.


Image source: telusurindonesia.com

"Jadi kalau berapa targetnya kira-kira 10 juta dari pembangunan, 10 juta turis atau sekitar 10 miliar dolar AS dalam waktu 4 tahun ini. Dan ini adalah, mungkin legacy kita terbesar dari kepariwisataan mewariskan 10 Bali baru ini," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sebagaimana dikutip Dream dari laman setkab.go.id, Rabu 3 Februari 2016.



Tanjung Lesung di Banten dan Tanjung Kelayang di Sumatera (nowjakarta, sefyrabelitungtravel)

Menurut Arif, rapat terbatas telah menetapkan Danau Toba sebagai destinasi utama bertaraf internasional. Ada hal kritis terkait hal ini, yaitu adanya single destination multi management.

Baca juga: Daftar 19 Negara yang Sudah Boleh Wisata ke Indonesia, Termasuk Korsel

"Di sini hadir Pak Gubernur, 5 bupati mewakili 7 bupati menyatakan bahwa Danau Toba akan dikelola secara terpadu. Untuk itu nanti akan dibentuk yang namanya Badan Otoritas Destinasi Pariwisata Nasional Danau Toba," jelas dia.


Keindahan bawah laut Wakatobi (Pelni.co.id)

Arif menambahkan, target wisatawan yang ingin dicapai dalam pengembangan Danau Toba adalah 1 juta. Saat ini tingkat kunjungan ke danau terbesar di tanah air itu baru sekitar 250 ribu hingga 270 ribu wisatawan. "Berarti setahun 1 miliar dolar dari wisatawan mancanegara," ujar Arif.

Untuk pembangunan Danau Toba diperlukan investasi. Menurut Arif, untuk investasi tahap pertama diproyeksikan sekitar Rp 20 triliun. Dari jumlah itu, sebanyak Rp 10 triliun diharapkan didapat dari public investment, dari government invesment, dan Rp 10 triliun lainnya diharapkan dari swasta, baik PMA maupun PMDN.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)