home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengaruhi Penglihatan, Ini Tips Sederhana Lindungi Mata dari Layar Monitor

Rabu, 17 Februari 2016 11:50 by fzhchyn | 3331 hits
Pengaruhi Penglihatan, Ini Tips Sederhana Lindungi Mata dari Layar Monitor
Image source: huffingtonp

DREAMERS.ID - Hampir setiap hari mata selalu berada didepan layar monitor. Entah berada di depan TV ataupun bekerja di depan komputer. Terlalu lama berada di depan layar monitor dapat membahayakan kesehatan mata. Sinar radiasi dari layar monitor dapat menyebabkan mata perih, panas, gatal, merah, mata lelah dan secara bertahap dapat menyebabkan penglihatan memburuk.

Untuk mengatasi masalah kesehatan mata tersebut berikut adalah beberapa tips penting yang dapat diterapkan seperti dikutip dari Our Vanity :

1. Periksa iluminasi layar

Pastikan untuk memeriksa ilmuninasi layar monitor, jangan sampai terlalu terang atau gelap. Hindari kerlip cahaya monitor yang mengganggu dan sebaiknya tidak melihat layar monitor di ruangan gelap karena dapat merusak penglihatan. Atur layar agar tak sejajar dengan mata, baiknya tempatkan layar horizontal tapi sedikit condong kebawah.

2. Istirahatkan mata

Untuk menghindari mata lelah dan perih, selalu istirahatkan mata. Baiknya setiap 30 menit - 1 jam melihat layar monitor, pastikan untuk mengambil 5 menit waktu istirahat. Dengan cara mengalihkan pandangan ke arah lain selama 5 menit. Setelah itu kembali bekerja di depan layar monitor. Lakukan secara rutin setiap 30 menit hingga 1 jam berikutnya.

Baca juga: Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini

3. Olahraga mata

Tak hanya tubuh, mata juga perlu berolahraga untuk menghindari kelelahan dan melindunginya dari efek buruk layar terlalu lama berada di depan layar monitor. Olahraga yang dapat dilakukan diantaranya adalah memainkan bola mata. Pertama biarrkan bola mata bergerser kearah kira sampai hitungan kedelapan, geser pandangan bola mata ke arah kanan. Lakukan hal ini selama 2-3 menit. Atau olahraga mata lainnya yang dapat kamu lakukan adalah berkedip sebelah mata kanan dan kiri secara bergantian lakukan setidaknya 2-3 menit.

4. Menutup mata dengan telapak tangan

Teknik menutup mata dengan telapak tangan disebut dengan palming. Teknik ini bisa membantu membuat sistem saraf disekitar mata menjadi rileks dan mencegah penglihatan memburuk. Caranya sederhana cukup dengan menggosok kedua telapak tangan hingga telapak tangan menjadi hangat, kemudian letakkan telapak tangan untuk menutupi kedua mata selama 30 detik. Ulangi cara ini selama setidaknya 4 menit untuk membuat mata lebih rileks.

5. Banyak berkedip

Berada terlalu lama di depan layar monitor dapat menyebabkan mata kering dan memicu terjadinya iritasi mata. Cara simpel untuk mengatasinya adalah dengan sering berkedip. Berkedip bertujuan untuk membasahi mata yang kering dan menghindari terjadinya iritasi mata.

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)