home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Baik untuk Kulit Hingga Otak, Yuk Simak Keuntungan Lain Konsumsi Cokelat

Rabu, 24 Februari 2016 16:14 by fzhchyn | 2372 hits
Baik untuk Kulit Hingga Otak, Yuk Simak Keuntungan Lain Konsumsi Cokelat
Image source: huffingtonp

DREAMERS.ID - Tak bisa dipungkiri kalau cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat menenangkan saat mood atau suasana hati sedang buruk atau sedih. Tapi jika berbicara mengenai manfaat kesehatan mengkonsumsi cokelat, ada banyak versi.

Namun yang jelas, mengkonsumsinya secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Meski begitu, ada sejumah bukti yang dibuktikan secara medis melalui sebuah penelitian di mana dikatakan bahwa cokelat baik untuk tubuh, khususnya cokelat hitam. Cokelat jenis ini memiliki kandungan kokoa sebanyak 70% yang baik untuk tubuh.

Penelitian tentang cokelat pun terus dilakukan, dan para ahli telah menemukan bahwa cokelat baik untuk jantung, sirkulasi, dan otak. Bahkan telah dianjurkan untuk autisme, obesitas, dan diabetes. Seperti dilansir dari laman Telegraph.co.uk, inilah 10 keuntungan mengkonsumsi cokelat.

1. Baik untuk jantung dan sirkulasi darah
Baru-baru ini sebuah studi menyimpulkan bahwa cokelat hitam dapat memulihkan kembali fleksibilitas arteri sekaligus mencegah darah putih menempel pada pembuluh darah, yang biasanya menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah.

2. Mengurangi risiko stroke
Dalam penelitian yang dilakukan di finlandia ditemukan bahwa mengkonsumsi cokelat dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

3. Kaya mineral
Cokelat hitam mengandung mineral yang bermanfaat seperti potasium, zat seng, dan selenium. Dan untuk 100gram cokelat hitam dengan 70 persen kokoa di dalamnya mengandung 67 persen zat besi.

4. Mengurangi kolesterol
Mengonsumsi cokelat telah menunjukan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik, dan juga menurunkan potensi penyakit jantung.

Baca juga: Makan Cokelat di Pagi Hari Membantu Mengurangi Nafsu Makan

5. Baik untuk kulit
Kandungan flavonol di dalam cokelat hitam dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

6. Membantu menurunkan berat badan
Seorang Neuroscientist bernama Will Clower mengatakan bahwa mengkonsumsi satu potong cokelat berukuran kecil dan dibiarkan meleleh di dalam mulut 20 menit sebelum makan dapat dapat memicu hormon-hormon di otak untuk berpikir bahwa "Aku sudah kenyang". Hal itu membuatmu akan mengurangi jumlah makanan yang sebelumnya kamu inginkan. Dan akhirnya mengurangi jumlah camilan.

7. Mencegah diabetes
Terdengar tidak masuk akal, dalam sebuah penelitian terungkap bahwa kokoa telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Artinya, cokelat hitam dapat menunda sekaligus mencegah diabetes.

8. Baik untuk otak
Flavonol diperkirakan dapat mengurangi kemungkinan hilangnya ingatan pada kaum orang tua. Kualitas anti-inflamasi cokelat hitam telah ditemukan bermanfaat dalam mengobati cedera otak seperti gegar otak.

9. Membuat suasana hati membaik
Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), yaitu zat kimia yang otak ciptakan saat kita merasakan jatuh cinta. PEA ini dapat memicu otak mengeluarkan hormon endorpin.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)