home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Fenomena Wisata, Sungai Mendidih Ini Tersembunyi Selama 75 Tahun!

Kamis, 25 Februari 2016 18:15 by reinasoebisono | 3369 hits
Jadi Fenomena Wisata, Sungai Mendidih Ini Tersembunyi Selama 75 Tahun!
Image source: Amusing Pla

DREAMERS.ID - Kolam pemandian air panas sudah biasa ditemui, tapi apa jadinya jika air yang mengalir panas mendidih? Itulah yang terjadi di salah satu sungai di pedalaman negara Peru, tepatnya di Mayantuyacu.

Terletak jauh di dalam hutan hujan Amazon, mengalir sungai super panas bernama “Shanay-timpishka” yang memiliki arti “mendidih dengan panas matahari”. Panas sungai ini dipercaya dilepaskan oleh seekor ular raksasa, Yacumama (Ibu dari Air) yang diwakili oleh batu berbentuk kepala di hulu sungai.

Cukup besar, sungai aneh ini memiliki lebar 25 meter dan kedalaman 6 meter, namun hanya memiliki panjang 6.4 Km, cukup pendek untuk ukuran sungai. Panas air rata-rata 50-90 derajat, sementara beberapa bagian bisa mencapai 100 derajat celsius!


Image source: Amusing Planet

Banyak binatang malang yang ingin minum harus mati karena jatuh ke dalam sungai panas ini. Sebenarnya banyak sumber air panas di dalam Amazon, namun tidak ada yang sebesar “Shanay-timpishka”.

Seorang ilmuwan geothermal dari Universitas Shouthern Methodist, Andres Ruzo awalnya tidak percaya dengan mitos sungai mendidih ini, ia hanya mendengarnya dari sang kakek saat berusia 12 tahun. Dua puluh tahun kemudian, ia menemukan sungai tersebut dan menelitinya.

“Di tengah proses gelar PhD saya, saya menyadari jika sungai ini fenomena yang alami,” kata Ruzo melansir Amusing Planet.


Image source: Amusing Planet

Sebenarnya, setiap tahun banyak segelintir wisatawan yang mengunjungi Mayantuyacu, tapi entah bagaimana tidak ada satupun dokumen atau gambar yang mencatat keberadaan sungai ini sejak tahun 1930-an.

Hal itu membuktikan jika sungai mendidih ini tidak diketahui hingga 75 tahun lamanya. Masyarakat Peru mempercayai jika sungai ini adalah legenda, namun para ahli geologi menyimpulkan jika panas sungai berasal dari panas bumi yang diserap, mengingat lembah sungai Amazon berdekatan dengan gunung merapi aktif.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)