home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Luncurkan Mesin Pencari untuk Anak ‘Kiddle’, Bagaimana Cara Kerjanya?

Rabu, 02 Maret 2016 16:00 by fzhchyn | 2883 hits
Google Luncurkan Mesin Pencari untuk Anak ‘Kiddle’, Bagaimana Cara Kerjanya?
Image source: kiddle.co

DREAMERS.ID - Saat berselancar di Internet, kita nyaris bisa menemukan apa saja yang ingin dicari dengan menggunakan keyword atau kata kunci. Namun kebebasan dan kemudahan itu juga bisa menjadi ancaman, khusunya bagi anak-anak.

Seperti yang diketahui, anak-anak zaman sekarang sudah melek gadget bahkan pintar mengakses internet. Banyaknya konten yang tidak aman bagi anak-anak di dunia maya mendorong Google untuk membuat mesin pencari khusus untuk anak yang disebut Kiddle.

Saat membuka laman Kiddle.co, kita akan melihat tampilan mesin pencari yang memang bernuansa khas anak-anak dengan background planet atau luar angkasa dan robot berwarna merah. Namun kesan Google masih ada di sini dengan pemilihan warna font 'Kiddle' yang sama dengan 'Google'.

Seperti dilansir laman CNN, mesin pencari Kiddle ini dikembangkan oleh tim editor dan safe search di Google. Sesuai namanya, Kiddle dirancang untuk anak-anak agar bisa "berselancar di internet dengan konten yang aman".

Para anak bisa menikmati konten hasil awal penelusuran yang sudah dipilih dan ditinjau oleh tim editor Google. Hasil pertama sampai ketiga penelusuran berasal dari situs yang aman dan isi konten memang ditulis khusus anak-anak.

Sementara hasil keempat dan tujuh penelusuran akan menyuguhkan konten yang ditulis menggunakan bahasa sederhana sehingga anak-anak bisa memahami apa yang sedang mereka cari. Sementara hasil ke-delapan dan seterusnya menampilkan konten yang ditulis untuk orang dewasa namun masih disaring oleh tim safe search Google.


Image source: Dreamers.id

Saat dicoba dengan menggunakan kata kunci yang bersifat kekerasan atau lainnya yang dirasa tidak aman untuk anak-anak, seperti “suicide”, “sex”, dan “violence”, Kiddle akan menampilkan pesan, "Oops, try again!". Dan hasil telurusan berbahasa Indonesia juga belum bekerja dengan baik untuk saat ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)