home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Janjikan Rp100 Juta per Desa Sebagai Hadiah

Kamis, 03 Maret 2016 10:11 by fzhchyn | 837 hits
Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Janjikan Rp100 Juta per Desa Sebagai Hadiah
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta bantuan dan peran serta aktif masyarakat meminimalisir kebakaran hutan. Langkah ini merupakan program penanggulangan kebakaran hutan berbasis pemberdayaan masyarakat desa.

"Masyarakat desa harus dilibatkan secara aktif dalam pencegahan kebakaran hutan. Masyarakat ini sebagai unsur penindak awal dalam setiap kejadian bencana," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei di kantornya, Rabu (2/3).

Untuk mendorong keterlibatan masyarakat desa, pemerintah menjanjikan dana yang akan diberikan apabila warga desa berhasil melakukan pencegahan kebakaran hutan. Tidak tanggung-tanggung insentif atau reward yang dijanjikan sebesar Rp 100 juta per desa.

Baca juga: Usai Dikritik Netizen, Kylie Jenner Sumbang 14 Miliar untuk Kebakaran Hutan Australia

"Intensif daerah yang berhasil cegah kebakaran hutan ini akan diberikan. Pemerintah Daerah kemampuan anggarannya tidak sama. Jadi siap dibantu oleh Pemerintah Pusat juga. Bahkan World Bank akan memberikan USD 12 juta," ucapnya.

Willem menambahkan, pihaknya juga sudah menyiagakan helikopter jika sudah terdeteksi titik api. Sehingga, dapat segera melakukan pemadaman. "Saya juga memerintahkan untuk bentuk tim supervisi dalam penanggulangan bencana kebakaran ini. Jadi penanganannya ini harus total," kata Willem.

Dia mengatakan, setiap daerah miliki potensi bencana berbeda. BNPB sudah memetakan dan akan konsentrasi di daerah-daerah rawan. "Modal kita pengalaman masa lalu, jadi sudah harus ada kesiagaan sendiri," tutupnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)