home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jerawat Hingga Infeksi Mata, Ini Efek Buruk Ketombe Lainnya

Jumat, 04 Maret 2016 23:00 by fzhchyn | 2638 hits
Jerawat Hingga Infeksi Mata, Ini Efek Buruk Ketombe Lainnya
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Ketombe merupakan musuh terbesar kulit kepala dan rambut. Pasalnya kehadiran ketombe di kepala ini tak hanya mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, tapi rasa gatal yang ditimbulkan juga sulit dihindari, terlebih jika kepala terpapar sinar matahari lalu berkeringat dan rasa gatal semakin menjadi-jadi.

Ternyata Dreamers, efek buruk ketombe tak hanya itu. Serpihan-serpihan putih tersebut ternyata bisa mempengaruhi bagian tubuhmu yang lain lho. Seperti dilansir dari laman The Health Site, berikut adalah dampak buruk ketombe lainnya.

1. Jerawat
Tanpa disadari, serpihan ketombe tak hanya jatuh dan mengotori bahu. Ketombe juga bisa jatuh di permukaan wajah, dan parahnya bisa menyumbat pori-pori. Ini bisa jadi penyebab kenapa wajahmu timbul jerawat, menurut Dr Mukesh Batra.

2. Kulit kepala gatal
Sebenarnya bukan ketombe yang menyebabkan kulit kepalamu terasa gatal. Tapi saat kepala berketombe, kulit kepala cenderung akan memproduksi banyak sel kulit mati. Nah itulah yang menyebabkan rasa gatal tak tertahankan.

3. Jerawat punggung
Tak hanya wajah, ketombe juga bisa menyebabkan jerawat di punggung. Menurut dermatologis Dr S.S Tarsi, ketombe merupakan penyebab jerawat di punggung yang paling sering.

Baca juga: Ketahui Macam-Macam Penyebab Ketombe Yang Bisa Mengganggu Penampilan

4. Rambut rontok
Meskipun ketombe tidak memiliki hubungan langsung akan rontoknya rambut, tapi rasa gatal yang terus-menerus bisa menyebabkan rambut rontok. Dermatitis (suatu kondisi kulit kepala) juga bisa menjadi penyebab yang mendasari timbulnya ketombe dan rambut rontok, kata Trichologist Dr Apoorva Shah.

5. Prosiasis
Kabar buruknya, ketombe di kepala kamu bisa menyebabkan psoriasis. Ini adalah kondisi di mana kulit memunculkan bercak merah tebal, dan kulit bersisik pada area kepala. Psoriasis juga bisa saja muncul di bagian belakang telinga dan punggung.

6. Infeksi mata
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, blepharitis adalah infeksi mata yang umum disebabkan oleh ketombe. Infeksi ini ditandai dengan mata merah, gatal, dan iritasi di kelopak mata.

7. Rambut berminyak
Kulit kepala yang berketombe akan menghasilkan jumlah minyak berlebih. Hal ini akan membuat rambutmu sangat berminyak dan lepek. Nah Dreamers, jadi pastikan untuk rajin memcuci rambut ya agar ketombe tak menyebabkan masalah-masalah di atas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)