home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kamar Berantakan dan Hal-hal Lainnya Ini Tanpa Sadar Buat Kamu Makan Berlebih

Kamis, 10 Maret 2016 19:50 by fzhchyn | 2723 hits
Kamar Berantakan dan Hal-hal Lainnya Ini Tanpa Sadar Buat Kamu Makan Berlebih
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Makan memang kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, tapi jangan jadikan kata 'kebutuhan' ini sebagai alasan untuk makan berlebihan. Rasa lapar yang sangat memang cenderung membuat kita kalap dan ingin makan banyak. Tapi sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kita makan berlebih.

Seperti mengutip laman Health Me Up, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang makan berlebihan.

1. Lingkungan sekitar yang kotor

Jika kamu punya kebiasaan makan berlebih, coba lihat keadaan sekitar. Apakah rumah, kamar, dapur, atau kost-an yang kamu tempati kotor dan berantakan atau tidak. Jika iya, itu bisa menjadi penyebab kamu makan banyak.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Environment and Behaviour, wanita yang memiliki dapur berantakan dan merasa situasi tak terkendali cenderung makan lebih banyak dibandingkan wanita yang punya dapur bersih.

2. Kebiasaan makan cepat

Butuh 20 menit bagi otak untuk menyadari kalau tubuh sudah kenyang. Jadi jika kamu makan dengan cepat, kamu bisa makan lebih banyak dari yang seharusnya sebelum otak 'merasa' kenyang. Jadi kunyah makanan pelan-pelan, karena mengunyah ini juga bagian dari proses yang membantu untuk menyadarkan otak kalau perut sudah kenyang.

3. Tidak memperhatikan makanan

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di Cornell University menemukan bahwa orang yang tidak memperhatikan makanannya cenderung untuk makan berlebihan. Jadi makan sambil menonton TV atau melakukan hal lainnya sangat tidak dianjurkan. Kalau sedang makan, hanya fokus pada makananmu.

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

4. Makan dari piring atau mangkuk besar

Dalam penelitian yang sama, para peneliti juga menemukan banwa menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu mengurangi jumlah makanan sebanyak 20%. Begitu pula dengan mangkuk.

5. Punya banyak persediaan junk food

Punya persediaan makanan memang baik, tapi kita jadi cenderung makan dengan bebas. Apalagi jika kebanyakan makanannya adalah junk food alias makanan yang tidak sehat. Jadi sebaiknya jauhkan makanan yang tidak sehat dari tempat yang mudak dijangkau.

6. Stres

Saat merasa stres, tubuh akan mengeluarkan hormon karsitol. Jika stres sanya sebentar mungkin akan normal-normal saja, tapi jika stres berkepanjangan, efeknya akan benar-benar buruk bagi sistem dalam tubuh dan menyebabkan makan berlebih.

7. Melewatkan jam makan

Melewatkan salah satu jam makan bisa menyebabkan kamu makan banyak di jam makan berikutnya, terutama jika jam makan siang yang dilewatkan. Saat merasa lelah di jam makan malam, tubuh cenderung akan membalas dendam dengan makan banyak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)