home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Naik Kelas, Indonesia Punya Steak Dari Jantung Pisang

Rabu, 16 Maret 2016 19:33 by dodo07 | 2884 hits
Naik Kelas, Indonesia Punya Steak Dari Jantung Pisang
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Buah pisang memang sudah cukup familiar di kehidupan kita sehari-hari. Banyak orang yang mengatakan bahwa pohon pisang ini merupakan salah satu pohon yang multifungsi karena seluruh bagian dari pohon ini dapat dimanfaatkan. Dan salah bagian dari pohon pisang yang sering dikonsumsi selain buahnya adalah jantungnya.

Jantung pisang atau disebut onthong ini memang sering disajikan sebagai sayur untuk lauk. Namun jantung pisang yang satu ini telah dikreasikan menjadi makanan berkelas, yaitu Steak. Dan yang membuat bangga adalah penemu dari steak jantung pisang ini adalah orang Indonesia.


Image source: merdeka.com

Penemu dari kreasi makanan unik ini adalah Eka Budi Prasetya, master chef salah satu restoran di Malang, Jawa Timur. Dari tangannya itulah tercipta menu makanan yang selama ini kurang dilirik orang ini dapat ‘naik kelas’.


Image source: merdeka.com

Eka Budi juga sempat menjelaskan bagaimana runtutan cara pembuatan steak onthonk ini. Jadi langka pertama setelah membersihkan jantung pisang lalu mengupasnya hingga menemukan bagian tengah yang bersih. Kemudian membelahnya dan membuang bagian hatinya. Setelah itu barulah kita potong sesuai selera.

Selanjutnya, jantung pisang tadi direndam di air garam dan jeruk nipis selama 2 jam. Fungsinya untuk mengawetkan warna jantung pisang tersebut. Setelah direnddam, barulah jantung pisang dimasak dengan panas 65’celcius dan diberi tambahan bumbu seperti bawang putih, bawang bombai, garam, merica, paprika, daun bawang, dan lain-lain.

Setelah matang, jantung pisang tadi dibentuk sesuai selera atau dibuat seukuran steak pada umumnya. Eka juga menambahkan agar dapat dibentuk, jantung pisang saat masih setengah matang dicampur dengan tepung yang berfungsi sebagai perekat. Tepung ini juga akan memberi efek renyah lho.

"Jantung pisang paling enak itu dari jenis pisang Klutuk atau pisang Batu, kemudian pisang raja, pisang gajih, dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan," ucap Eka.

Selain murah dibanding steak dari daging, makanan ini juga dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan diabetes selain itu juga mengandung banyak vitamin.

Berniat mencobanya juga, Dreamers? ^^

(nnd)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)