home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Libur Panjang Akhir Pekan Ini Diprediksi Tak Timbulkan Kemacetan Parah

Kamis, 24 Maret 2016 10:00 by fzhchyn | 1549 hits
Libur Panjang Akhir Pekan Ini Diprediksi Tak Timbulkan Kemacetan Parah
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Menyambut libur panjang pada akhir pekan ini, kemacetan menjadi salah satu hal yang paling dikhawatirkan. Namun pada libur Paskah ini rupanya lalu lintas kendaraan diperkirakan tidak akan separah kemacetan pada libur Natal 2015.

"Prediksi saya tidak akan tinggi seperti natal kemarin karena libur panjang kali ini bukan satu-satunya pilihan, ada beberapa libur panjang. Selain itu, saat ini bukan puncak ritme pekerjaan para pekerja," kata pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instrans) Izzul Waro, mengutip laporan Antara.

Menurut Izzul, lonjakan di luar prediksi pada libur Natal 2015 karena terjadi pada akhir tahun. Saat itu merupakan puncak beban kerja para karyawan atau staf.

Faktor lain yang menambah banyaknya orang bepergian ketika itu adalah bonus akhir tahun yang membuat orang pergi berlibur. "Mendapat bonus akhir tahun atau insentif lainnya membuat mereka ingin tuntaskan setelah beban kerja cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga: Alami Stress Saat Terkena Macet, Kok Bisa?

Sedangkan pada libur paskah 2016, lanjut Izzul, sejumlah perusahaan baru memulai proyek. "Dugaan saya di awal tahun ini tidak sama, beberapa perusahaan baru mulai proyek sehngga beban kerja tidak terlalu tinggi. Keinginan untuk liburan pun tidak setinggi saat akhir tahun," kata Izzul.

Meski begitu, dirinya mengaku antisipasi tetap harus dilakukan oleh pihak terkait seperti pengelola jalan tol PT Jasa Marga Tbk dan aparat kepolisian serta instansi terkait yakni dinas perhubungan. "Ada waktu kritis pada Kamis sore hingga malam, harus dilihat kondisi di lapangan apakah cukup tinggi atau sedang. Waktu krisis digunakan untuk menyiapkan serangkaian kebijakan insidental di lapangan," jelas Izzul.

Sementara itu, pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan dari Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) mengatakan tanda-tanda akan terjadi lonjakan perjalanan liburan sudah tampak dan otomatis akan terjadi lonjakan penggunaan kendaraan bermotor. "Soalnya tiket transportasi angkutan umum sudah mulai habis. Sehingga perlu ada antisipasi, setidaknya agar tidak kejadian lagi macet terkunci seperti liburan beberapa waktu lalu," katanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)