home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makan Banyak Korban, Ini Alasan Bom ISIS Belgia Disebut ‘Biangnya Setan’

Minggu, 27 Maret 2016 23:00 by reinasoebisono | 2327 hits
Makan Banyak Korban, Ini Alasan Bom ISIS Belgia Disebut ‘Biangnya Setan’
Image source: Telegraph.c

DREAMERS.ID - Bom yang terjadi di Bandara dan stasiun metro Brussels, Belgia memang cukup mematikan. Selain daya ledak yang besar, para korban tewas pun dilaporkan tercerai berai dan banyak yang hidup dalam kondisi tak utuh.

Kini polisi Belgia telah berhasil mengidentifikasi ketiga pelaku yang terekam gambar CCTV, mereka juga menggeledah apartemen yang diduga menjadi tempat beroperasi untuk meledakkan bom nahas yang disebut bom ‘biangnya setan’ itu. Apa alasan julukan tersebut?

1. Mudah Meledak

Bom yang ditemukan polisi Belgia adalah jenis TATP dan berjumlah total 15 kg! Bahan peledak TATP dikenal sangat rapuh dan mudah meledak. Bom ini bisa meledak hanya karena sundutan rokok, bahkan jika diletakkan di tempat yang cukup panas.

2. Mudah Dibuat

Baca juga: Pelaku Teror Paris dan Brussels Berencana Serang Ajang Euro 2016

TATP adalah bom favorit ISIS karena sangat mudah dibuat. Bahkan bahan pembuatnya bisa didapatkan di toko swalayan. Di antaranya adalah aseton, cairan pembersih, pemutih kayu dan asam sulfur dengan total biaya kurang dari Rp500 Ribu. Tragedi bom Paris yang menewaskan 130 orang juga diketahui menggunakan bahan peledak semacam ini.

3. Dibuat Dalam Skala Industri Besar

Menurut lembaga Conflict Armament Research, ISIS diketahui membuat bom jenis ini di Irak dan Suriah dalam skala besar hingga bisa disebut industri. Cukup miris untuk produk yang dibuat adalah bom. Namun sejak 2014, Uni Eropa telah membuat peraturan agar negara-negara di sana membatasi penjualan bahan kimia yang bisa digunakan sebagai bahan peledak.

(rei/CNN)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)