home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Situs Diblokir, Indonesia Jadi Pengguna VPN Tertinggi

Kamis, 31 Maret 2016 15:52 by fzhchyn | 2565 hits
Banyak Situs Diblokir, Indonesia Jadi Pengguna VPN Tertinggi
Image source: techglen.co

DREAMERS.ID - Kata VPN mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang doyan menembus akses situs-situs yang sudah diblokir pemerintah setempat atau tidak tersedia di negara tertentu. Dengan VPN, pengguna seperti tidak memiliki batasan untuk mengakses sebuah situs atau layanan.

Virtual Private Network (VPN) sendiri merupakan sebuah tool atau alat yang memungkinkan pengguna membuat koneksi private dengan data yang dienskripsi. Tool ini sering dipakai untuk membuat alamat IP baru atau browsing internet secara anonim, sehingga bisa dipakai untuk menembus blokir internet di suatu negara, melansir laman Kompas.

Berdasarkan survei yang dibuat oleh Global Web Index tentang penggunaan VPN tersebut, ternyata Indonesia menempati urutan pertama dan menjadi pengguna VPN terbesar, yaitu mencapai 41%. Diketahui juga bahwa dua dari lima pengguna Internet di Indonesia menggunakan alat tersebut.



Image source: Wired.co.uk

Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat (16%), Vietnam (35%), Malaysia (32%), Brasil (36%), dan Cina (29%).

Baca juga: Ramai Imbauan Tak Pakai VPN Saat Transaksi Internet Banking, Begini Penjelasannya

Dalam survei tersebut diungkapkan situs-situs yang menyediakan konten video hiburan, seperti iTunes, Netflix, YouTube, dan Vimeo merupakan salah satu penyebab netizen Indonesia menggunakan VPN.

"Orang menganggap VPN adalah tool yang tidak banyak dipakai, namun kenyataannya banyak pemakainya," kata Jason Mander, Head of Trends di firma Global Web index. "Di negara seperti Cina, Indonesia, dan Thailand, orang-orang memakai VPN untuk mengakali blokir pemerintah," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menerapkan 'TRUST Positif' untuk melindungi pengaruh negatif internet bagi pengguna di Indonesia dalam setiap melakukan pemblokiran. Vimeo merupakan salah satu situs yang hingga saat ini tidak bisa diakses di Indonesia.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)