home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kecepatan Koneksi Internet di Indonesia Naik Dua Kali Lipat!

Senin, 04 April 2016 11:18 by fzhchyn | 2341 hits
Kecepatan Koneksi Internet di Indonesia Naik Dua Kali Lipat!
Image source: pcworld.com

DREAMERS.ID - Jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Singapura, kecepatan internet di Indonesia mungkin masih kalah jauh. Namun dalam sebuah laporan 'State of the Internet' untuk kuartal IV 2015 dari penyedia content delivery network Akamai, ternyata kecepatan internet di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dalam laporan tersebut tercatat bahwa Indonesia mengalami kenaikan kecepatan koneksi internet rata-rata sebesar 109% atau lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, menjadi 3,9 Mbps.


Image source: Akamai

Persentase kenaikan tersebut merupakan yang tertinggi untuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Di urutan kedua ada Vietnam yang mencatat kenaikan 43% dan posisi ketiga ada India dengan 36%.

Meski begitu, rata-rata kecepatan koneksi internet di Indonesia masih berada di bawah rata-rata global yang sebesar 5,6 Mbps, seperti dilaporkan laman Kompas.

Baca juga: Kabar Baik! Pemerintah Tambah Kapasitas Internet Sampai 20% Jelang Natal-Tahun Baru

Indonesia juga mencatat kenaikan kecepatan akses internet maksimal sebanyak 495% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, menjadi 79,8 Mbps. Capaian itu menempatkan Indonesia di urutan keenam dunia dalam hal kecepatan internal maksimal.

Menurut Akamai, beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kenaikan tersebut adalah penambahan server Akamai yang dipasang oleh operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan mulai diterapkannya jaringan internet berkecepatan tinggi 4G LTE sejak akhir tahun 2014.

Namun, sebaran kecepatan internet cepat di Indonesia masih belum merata. Menurut Akamai, hanya 0,5% pengguna internet Tanah Air yang bisa menikmati kecepatan koneksi di atas 15 Mbps.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)