home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Batik Air dan TransNusa Tabrakan di Bandara Halim, Investigasi Masih Dilakukan

Selasa, 05 April 2016 10:10 by fzhchyn | 1279 hits
Batik Air dan TransNusa Tabrakan di Bandara Halim, Investigasi Masih Dilakukan
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pesawat Batik Air jenis Boeing 737-800 reg PK-LBS dengan rute Halim Perdanakusuma-Ujung Pandang bersenggolan dengan pesawat TransNusa jenis ATR reg PK-TNJ di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (4/4) malam.

Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait mengungkapkan, kejadian berawal saat pesawat Batik Air hendak take off dari Bandara ke Makassar. "Bermula sekitar pukul 19.45 WIB. Saat itu pesawat Batik Air hendak take off ke Makassar," kata Edward, Senin (4/4).

Disaat yang bersamaan, Edward menjelaskan, pesawat TransNusa sedang towing atau sedang ditarik di landasan menuju hanggar. Keduanya pun bersenggolan. Akibatnya sayap kiri Batik Air terbakar. "Jadi TransNusa itu sedang towing kemudian bersenggolan," tutupnya.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan, kedua pesawat mengalami kerusakan di bagian sayap dan ekor pesawat. "Pesawat TransNusa rusak pada bagian ekor dan sayap bagian kiri. Sedangkan pesawat Batik Air rusak pada bagian ujung sayap sebelah kiri," ungkapnya.

Diketahui dalam kecelakaan ini tak ada korban jiwa, namun api terlihat besar dan butuh waktu lama untuk memadamkannya.


Kondisi kedua pesawat pasca-senggolan (detik.com)

Baca juga: Anehnya Penjelasan dan Ekspresi Sopir Truk Usia 18 Tahun Pelaku Tabrakan Beruntun di GT Halim

Pasca terjadinya senggolan Pesawat Batik Air dengan pesawat TransNusa, aktivitas kedatangan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma pun menjadi terganggu. Diketahui lima penerbangan mengalami penundaan (delay).

Kini, dua pesawat yang bersenggolan tersebut sudah berada di tempat masing-masing. "Pesawat Batik dan TransNusa sudah kita kembalikan ke tempat masing-masing. Runway bandara sudah dibersihkan dan Halim siap beroperasi sebagaimana mestinya," kata Direktur Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi, di Bandara Halim, Selasa (5/4) dini hari.

Sementara itu, ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, mengungkapkan pihaknya hingga kini masih melakukan pengumpulan data guna mengetahui penyebab terjadinya senggolan peristiwa yang sebenarnya. "Kami masih dalam tahap pengumpulan jadi kami mengumpulkan semua black box di pesawat tersebut," katanya.

Rencananya, KNKT akan melakukan investigasi secara menyeluruh terkait peristiwa tersebut pada pagi ini. Pihaknya akan men-download semua black box untuk mengetahui data-data kedua pesawat tersebut.

(fzh/merdeka)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)