home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?

Jumat, 08 April 2016 14:14 by citra09 | 4517 hits
Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?
Image source: KBS

DREAMERS.ID - Meski kini tengah menjadi populer dan fenomenal, drama ‘Descendants of the Sun’ ternyata tak terlepas dari kontroversi. Kini giliran salah satu original soundtrack (OST)nya yang terkena tuduhan plagiarisme.

Belum lama ini di sebuah komunitas online, netizen menemukan kesamaan antara OST drama KBS tersebut berjudul ‘Everytime’ yang dinyanyikan Chen EXO dan Punch dengan lagu debut milik Eric Nam yang berjudul ‘Heaven’s Door’.

OST drama tersebut dirilis pada Februari 2015, sementara lagu debut Eric Nam tersebut dirilis pada Januari 2013 sehingga tuduhan plagiarisme pun tak dapat dihindari. Penulis asli dari lagu ‘Heaven’s Door’, Han Jae Ho pun angkat bicara soal kemiripan tersebut.

“Aku mendengar keributan soal kemiripan itu. Dan saat aku mendengarnya, ternyata memang terdapat kemiripan. Khususnya mengenai nada lagu dan bagian reffnya yang terdengar mirip. Flow lagunya pun juga terdengar mirip,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Mereka seakan mencoba mengubahnya untuk menghindari plagiarisme. Daripada mengambil langkah hukum, aku akan mencoba bermediasi dengan mereka lewat sebuah pertemuan.”

Baca juga: Drama Korea 'Descendants of The Sun'Akan Di-remake ke Versi Indonesia

Terkait tuduhan plagiarisme tersebut, tim produksi musik yang menciptakan lagu ‘Everytime’, yaitu Music&New pun akhirnya merilis pernyataan resmi dengan menuturkan, “Kami berkonsultasi dengan penulis asli dari lagu Davichi dan Bic berjudul ‘A Night Like This’, yaitu Jo Young Soo. Dan kami mendapat izin untuk menggunakan sampel lagu tersebut untuk menulis lagu ‘Everytime’.”

Namun pihak Music&New seperti tak menggubris pernyataan dari penulis asli ‘Heaven’s Door’ dan menuturkan bahwa tuduhan plagiarisme tidak masuk akal, mengingat lagu ‘Everytime’ justru menggunakan sampel lagu Davichi dan Bic tersebut.

Bagaimana menurutmu, Dreamers? Simak perbandingan lagu ‘Everytime’ dan ‘Heaven Door’ berikut ini:

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)