home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Buat Tubuh Tak Nyaman, Berkeringat Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Jumat, 08 April 2016 20:18 by fzhchyn | 3173 hits
Meski Buat Tubuh Tak Nyaman, Berkeringat Miliki Banyak Manfaat Kesehatan
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Keringat yang dikeluarkan tubuh memang membuat tidak nyaman. Badan akan terasa lengket dan gatal, apalagi jika sudah bercampur dengan bakteri di tubuh yang bisa menyebabkan bau badan. Kita pasti akan langsung mandi untuk kembali menyegarkan tubuh.

Namun dibalik semua rasa tidak nyaman itu, berkeringat ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Seperti yang dilansir dari laman Life Hack, berikut adalah beberapa manfaat keringat untuk kesehatan tubuh.

1. Dapat menyembuhkan luka

Beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang dilakukan tentang kelenjar keringat ekrin. Peneliti Laurie Rittie dari University of Michigan, menemukan bahwa kelenjar ini memiliki peran yang penting dalam sel batang orang dewasa yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Keringat juga bisa berperan sebagai antibiotik. Luka kecil dan tergores bisa sembuh karena keringat mengandung agen anti biotik.

2. Mengeluarkan racun

Saat tubuh berkeringat, itu tandanya racun dari dalam tubuh juga keluar melalui keringat. Para ahli sepakat bahwa pada umumnya tubuh akan mengeluarkan garam berlebih, kolesterol, dan alkohol melalui keringat. Dengan begitu, olahraga sampai badan berkeringat merupakan proses detoksifikasi atau membersihkan tubuh dari racun.

3. Mencegah batu ginjal

Baca juga: Peristiwa Membanggakan Nasional yang Datang Dari Dunia Olahraga Sepanjang 2021!

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dan mencukupi kebutuhan minum air putih bisa terhindar dari penyakit batu ginjal. Berkeringat saat berolahraga bisa membuat kita terus ingin minum dan hal itu baik untuk kesehatan ginjal. 

4. Menjaga kesehatan otak

Setelah berolahraga cukup keras hingga berkeringat, rasa bahagia pun muncul dan tingkat stres pun berkurang. Hal ini akan membuat endorfin muncul dan otak akan terasa lebih segar dan menjadi obat pereda sakit yang alami.

5. Menghilangkan BPA

Bsifenol-A (BPA) adalah racun yang dapat mengganggu perkembangan tubuh, saraf, dan alat reproduksi. Biasanya racun ini berasal dari produk plastik dan sangat buruk untuk kesehatan. Meski tidak bisa terdeteksi dalam darah atau urin, keringat terbukti efektif menghilangkan BPA dari sistem tubuh kita.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)