home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Paling Cantik, Rumah Kuno di Kota Ini Justru Dijual Seharga Rp 15 Ribu!

Sabtu, 09 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 3590 hits
Dianggap Paling Cantik, Rumah Kuno di Kota Ini Justru Dijual Seharga Rp 15 Ribu!
Image source: Amusing Pla

DREAMERS.ID - Gangi. Inilah kota unik yang terletak di Italia. Dibangun di atas bukit di lembah berhutan Sisilia. Lokasi tepatnya berada sekitar 80 kilometer ke arah tenggara Palermo. Kota Gangi tampak seperti tempurung kura-kura raksasa. Sebab banyak rumah dan bangunan-bangunan lain yang berada di sekujur bukit. 

Kota ini mulai dikenal sejak dua tahun yang lalu. Turis dari seluruh penjuru Eropa ramai mengunjungi tempat unik ini. Bahkan, wisatawan asal Australia juga rela datang demi menyaksikan keindahan kota Gangi.


Image source: Amusing Planet

Banyak pelancong menilai wilayah yang dibangun sekitar abad ke-12 ini sebagai kota paling cantik di Italia. Pada 1950-an populasi di kota ini tercatat 16 ribu penduduk dan kini hanya menyisakan sekitar tujuh ribu orang saja.

Banyak penduduk kota ini yang meninggalkan Gangi karena terpikat oleh janji-janji manis yang dikenal sebagai 'American Dream'. Beberapa agen penjualan yang datang bersama kapal Trans-Atlantic Ocean menawarkan prospek kehidupan yang lebih baik di Amerika.

Ribuan penduduk meninggalkan tempat tinggal mereka, atau penduduk lokal menyebutnya sebagai pagglialore. Rumah-rumah di sini memiliki struktur bangunan seperti menara dengan lantai dasar untuk hunian keledai, atau untuk menyimpan tumpukan jerami bagi ayam dan kambing. Sementara pemiliknya, tinggal di lantai atas.



Image source: Amusing Planet

Pemerintah setempat berupaya menghidupkan kembali kota itu pada 2014. Tanpa pertimbangan biaya, walikota memutuskan menjual rumah-rumah tersebut hanya seharga 1 Euro sekitar Rp 15 ribu saja. Bahkan banyak pula yang diberikan secara gratis. Hal ini bertujuan agar pembeli rumah mau merenovasi kembali bangunan-bangunan yang ada dalam waktu setahun dan memakainya selama tiga tahun.

Jangan terkejut dulu, karena biaya murah itu hanya biaya pembelian rumahnya saja. Pembeli diharuskan menanggung biaya pengalihan kepemilikan dan membayar semua biaya pengurusan izin. Seorang wanita Australia mengungkapkan telah mengeluarkan biaya lebih dari $17.000 atau sekitar Rp 225 juta, bahkan sebelum ia memulai renovasi rumah.

Meski biaya administrasi selangit, rupanya yang mau membeli rumah di Gangi sangat banyak. Antrean sangat panjang, karena pemerintah di sana harus melakukan verifikasi pada pembeli. Pada bulan Juni 2015 saja, daftar tunggu masih mengular karena pemerintah kota menyaring calon pembeli yang datang.

"Kami tidak ingin orang-orang membeli hanya karena mereka memiliki uang. Kami ingin tahu apa yang akan Anda lakukan dengan rumah-rumah ini," kata Mr Ferrarello, Walikota. "Kami melakukan ini untuk anak-anak, karena kami mencintai wilayah kami. Dan kami ingin anak-anak tidak meninggalkan ini semua,"

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)