home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Serial Drama Queen Seon Deok Ternyata Hasil Plagiat

Kamis, 27 Desember 2012 11:30 by citra09 | 4718 hits
Wah, Serial Drama Queen Seon Deok Ternyata Hasil Plagiat
soompi.com

Meski berhasil meraih kesuksesan besar pada saat penayangannya 3 tahun lalu, drama Korea fenomenal 'Queen Seon Deok' baru-baru ini telah tersandung kasus plagiat.

Setelah tiga tahun dirilis dan sukses di berbagai negara, serial yang dibintangi oleh Lee Yo Won ini baru ketahuan melakukan plagiarisme. Ternyata, alur cerita serial ini sama dengan alur drama musikal "Queen of Rose of Sharon, Seon Duk".

Aksi plagiat serial drama yang juga pernah tayang di Indonesia ini bahkan sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan setempat. “Kami menemukan bukti bahwa penggugat memang penulis asli dari musik, buku, dan kisah ‘Queen Seon Deok’. Naskahnya memang tidak terlalu mirip, tetapi banyak sekali kesamaan yang bisa ditemukan secara keseluruhan ceritanya, detail karakternya, bahkan di sejumlah adegannya.” Begitulah bunyi pengumuman pengadilannya, dilansir dari soompi.

Baca juga: 5 Drama Korea Jadul Tahun 2009 yang Tetap Asik Ditonton Sekarang

Akibat dugaan plagiat ini, maka pihak poduksi diharuskan membayar denda sekitar 186 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1,8 milyar kepada penggugat. Tidak hanya itu, pembuatan DVD, buku, serta penayangan ulang serial ini juga dilarang untuk selama-lamanya.

Meski demikian, denda itu sepertinya tidak sebanding dengan apa yang telah diraih oleh drama tersebut selama penayangannya. Semenjak dirilis, drama tersebut telah meraup keuntungan mencapai 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 148 miliar, bahkan berhasil masuk dalam daftar 10 besar serial drama paling banyak ditonton.

Selain itu, serial  drama yang ditayangkan di MBC ini juga berhasil meraih rating tinggi, yaitu mencapai 43,6 %. Wah, semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi yaa..

Komentar
  • HOT !
    Kisruh antara Min Hee Jin dan HYBE semakin memanas. Kontroversi lain muncul setelah CEO label ADOR itu mengklaim bahwa pimpinan Bang Si Hyuk meniru idenya untuk menciptakan BTS....
  • HOT !
    ACEMAKER MOVIEWORKS mengumumkan bahwa film bertabur bintang Wonderland akan tayang perdana pada tanggal 5 Juni di bioskop Korea Selatan....
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)