home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kuku Agar Tak Timbul Jamur

Selasa, 19 April 2016 17:20 by fzhchyn | 2879 hits
Pentingnya Menjaga Kesehatan Kuku Agar Tak Timbul Jamur
Image source: volentenail

DREAMERS.ID - Ada yang mengatakan bahwa tubuh itu harus dirawat dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki. Tak terkecuali bagian tubuh yang kecil namun juga perlu perawatan untuk tetap sehat dan cantik. Kuku, bagian tubuh satu ini juga biarpun kecil namun dapat menunjang penampilan. Sehingga perlu dirawat dan dijaga kebersihannya agar terlihat cantik sehat dan terhindar dari penyakit kuku.

Salah satu penyakit yang menyerang kuku adalah jamur kuku. Seperti dikutip dari laman Detik, penyakit jamur kuku atau dikenal dengan istilah Onychomicosis ini adalah keadaan dimana jamur menginfeksi kuku tangan ataupun kaki. Namun paling sering menyerang kuku kaki. Awalnya terlihat bercak putih atau kuning dibawah kuku dan diujung kuku.

Kemudian jamur kuku dapat menyebar ke bagian kuku lebih dalam dan dapat menyebabkan kuku menghitam, menebal, dan bagian tepinya hancur. Jamur ini pun membuat kuku rapuh dan kehilangan kilaunya karena memakan keratin pada kuku. Dan bila Onychomicosis sudah memasuki tahap yang lebih parah bisa menyebabkan kuku copot dengan sendirinya.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kuku Tetap Pendek Selama Pandemi Corona

Penyebabnya timbulnya jamur kuku akibat dari kurang menjaga kebersihan. Sehingga menyebabkan kuku lembab dan mudah berkeringat terutama kuku jari kaki. Menggunakan penutup kaki yang sempit sehingga kuku sulit bernafas, kepanasan terus menerus juga dapat memicu timbulnya jamur pada kuku. Pada kuku jari tangan, jamur kuku bisa berkembang akibat pemakaian kuku palsu yang pemasangannya tidak higienis.

Untuk mencegah berkembangnya jamur kuku, usahakan untuk melakukan perawatan kuku secara teratur. Bersihkan kuku dengan benar, dan rutin potong kuku karena jamur lebih mudah berkembang pada kuku panjang. Lalu hindari menggunakan penutup kaki yang terlalu rapat dengan bahan yang tidak menyerap keringat. Rutin merendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan garam dan sabun lembut serta baby oil juga bisa jadi perawatan alami kuku.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)