home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Triknya Jika Ingin Baterai Smartphone Lebih Awet

Selasa, 26 April 2016 12:37 by fzhchyn | 3289 hits
Begini Triknya Jika Ingin Baterai Smartphone Lebih Awet
Image source: ikinkoo.com

DREAMERS.ID - Kehabisan daya baterai pada perangkat smartphone yang dimiliki seperti menjadi ‘mimpi buruk’ bagi siapa pun. Pasalnya ponsel pintar sudah menjadi benda yang kadang kehadirannya bisa lebih penting ketimbang uang.

Meskipun saat ini banyak produsen yang meluncurkan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, tapi kemungkinan mengalami kehabisan baterai di tempat tak terduga selalu ada. Ditambah jika kamu tidak memiliki power bank.

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar baterai smartphone menjadi lebih awet seperti yang dilansir dari laman Kompas berikut.

1. Matikan sinyal radio, Wi-Fi, dan Bluetooth

Saat berada di daerah tertentu, smartphone sering mengalami kehilangn sinyal. Hal tersebut dapat terjadi karena menara pemancar sinyal berada jauh dari lokasi smartphone atau trafiknya sedang penuh. Karena sinyal yang lemah atau bahkan hilang ini, maka sistem smartphone akan terus mencari koneksi dan membuat baterai cepat habis.

Jadi sebaiknya matikan saja sinyal radio jika pengguna benar-benar yakin tidak akan mendapatkan sinyal dalam beberapa waktu. Biasanya, pilihan untuk mematikan sinyal radio terdapat di menu ‘Setting’. Hal ini juga berlaku untuk sinyal Wi-Fi dan Bluetooth.

2. Airplane Mode

Jika tidak mau repot-repot mengatur sinyal di menu Setting, pengguna bisa langsung mengaktifkan Airplane Mode di smartphone untuk mematikan semua sinyal, seperti radio, GSM, Wi-Fi, dan Bluetooth.

3. Matikan fitur getar

Baca juga: Smartphone Lowbatt Pada Saat Pemadaman Listrik, Begini Cara Yang Aman Dalam Menggunakan Powerbank

Fitur getar terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang rapat atau di tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent.

Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya matikan fitur getar yang ada di smartphone.

4. Tutup aplikasi yang jarang dipakai

Membuka aplikasi yang jarang dipakai namun tetap berjalan di background akan memakan banyak daya baterai. Jadi pastikan untuk menutupnya setelah selesai digunakan, kecuali jika aplikasi tersebut benar-benar sering dibuka atau digunakan.

5. Jangan streaming

Kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik secara online akan ‘memaksa’ sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis.

6. Redupkan layar

Trik lain yang bisa menghemat daya baterai adalah dengan mengatur brightness pada layar. Seperti yang diketahui, semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)