home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Usir Kantuk, Minum Kopi Juga Bisa Pertajam Daya Ingat

Selasa, 26 April 2016 17:00 by fzhchyn | 3119 hits
Selain Usir Kantuk, Minum Kopi Juga Bisa Pertajam Daya Ingat
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi memang ampuh untuk melawan rasa kantuk bagi sebagian besar orang. Tapi selain itu, ternyata minum kopi juga memiliki manfaat lain, khususnya bagi memori otak.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience, kandungan kafein yang kebanyakan terdapat dalam kopi dapat membantu meningkatkan memori otak hingga 24 jam setelah dikonsumsi.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Johns Hopkins ini mengambil contoh dari sekelompok orang yang tidak biasa mengkonsumsi kafein dan meminta mereka untuk mengingat beberapa gambar dan memberikan mereka 200 mg tablet kafein.

Setelah kadar kafein mereka normal keesokan harinya, sekelompok orang tersebut pun diminta untuk kembali dan diuji kemampuannya untuk mengenali gambar yang telah mereka pelajari di hari sebelumnya. Ternyata orang-orang yang masuk dalam grup kafein dapat dengan mudahnya mengenali gambar yang sama.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Saat Menjalani Puasa

Asisten professor psikologi dan ilmu otak di Krieger School of Arts and Science di Universitas Johns Hopkins, Michael Yassa, Ph. D mengatakan, “Hampir semua mahasiswa telah diberikan kafein sebelum sesi belajar, sehingga jika ada peningkatan, tak jelas jika hal tersebut dikarenakan efek kafein, kewaspadaan, atau fokus, atau faktor lainnya.”

“Dengan memberikan kafein setelah percobaan, kami baru dapat menyingkirkan semua efek  tersebut dan memastikan jika ada peningkatan di memori,” lanjutnya seperti dilansir dari laman Woman’s Health.

Namun dengan ini para peneliti juga masih melanjutkan penelitian mereka untuk benar-benar memastikan jika benar adanya penambahan memori otak setelah mengonsumsi kafein.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)