home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Kuil di China Kedatangan Robot Biksu Yang Langsung Rebut Perhatian Wisatawan!

Kamis, 28 April 2016 16:35 by reinasoebisono | 3124 hits
Unik, Kuil di China Kedatangan Robot Biksu Yang Langsung Rebut Perhatian Wisatawan!
Image source: Amusing Pla

DREAMERS.ID - Sebuah kuil di China kini tidak hanya berisi biksu-biksu yang menyebarkan paham Buddha saja, namun seorang (atau sebuah) teman kecil bergabung dalam menyebarkan dakwah agama tersebut. Uniknya, teman yang satu ini adalah robot!

Robot canggih ini berperawakan seperti biksu, hanya saja dalam ukuran mini dan dengan gaya animasi khas kartun. Robot biksu bernama Xian’er ini mampu berjalan mengelilingi kuil dan bercakap dengan para pengunjung kuil.



Image source: Amusing Planet

Yap, Xian’er memang mampu menjawab 20 pertanyaan simpel tentang ajaran Buddha dan keseharian hidup manusia via daftar dari layar yang dipegang di dadanya. Robot berkepala plontos dan berjubah oranye khas biksu ini bisa menampilkan 7 tipe gerakan.

Sang pembuat robot, Master Xianfan mengatakan jika robot ini bertujuan untuk menyebarkan kebijaksanaan Buddha dengan perpaduan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Intip Bandara Soekarno Hatta Kini Dilengkapi Robot Pembersih Lantai dan Robot Customer Service

“Ilmu pengetahuan dan ajaran Buddha tidak berlawanan atau bertentangan, dan bisa menyatu serta berjalan dengan sejajar dan harmonis,” ungkap Xianfan.



Image source: Amusing Planet

Meski jadi viral di sosial media, robot Xian’er jarang muncul di depan publik. Walau sempat melakukan tur ke sejumlah kuil di China, waktunya biasa dihabiskan untuk ‘bermeditasi’ di lemari kuil, terutama kuil Longquan.

Kuil tempat Master Xianfan ini memang sering membuat animasi kartun, komik budaya, bahkan cinderamata dengan maskot kartun biksu. Diberitakan Amusing Planet, kuil Longquan juga tengah mengembangkan model baru dari Xian’er yang memiliki fungsi lebih banyak dan canggih.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)