home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Alasan Kucing Sering Mencakar Barang-barang di Rumah?

Sabtu, 17 Februari 2018 14:00 by dodo07 | 7619 hits
Apa Alasan Kucing Sering Mencakar Barang-barang di Rumah?
Image source: pets.wemd

DREAMERS.ID - Tidak sedikit orang yang memilihara kucing sebagai hewan peliharaan di rumah. Meski tiap orang punya berbagai alasan, tetapi kebanyakan akan menjawab jika hewan berkaki empat ini mampu menghilangkan stres pemiliknya. Namun, meski menggemaskan, tidak sedikit orang yang mengeluhkan kebiasaan kucing yang sering merusak barang.

Setiap pemilik kucing tentu pernah merasa kesal ketika melihat barang kesayanganya rusak karena hewan peliharaannya ini. Meski penampilannya menggemaskan, namun kebiasaan kucing menggaruk dan mencakar benda yang ada di sekitarnya merupakan sebuah kebiasaan yang naluriah.

Menurut seorang dokter hewan, Dr. Tony Buffington, sebelum para kucing menjadi binatang yang dipelihara oleh manusia, mereka tinggal di hutan, mencari makan sendiri dan bertahan hidup dari para predator. Kebiasaan menggaruk dan mencakar bertujuan menajamkan cakar mereka sehingga bisa bertahan terhadap lawan, seperti dikutip dari Goodhousekeeping.

Walau sekarang kucing tidak banyak hidup di hutan, melakukan gerakan tersebut merupakan media untuk melepaskan stres dan meregangkan otot punggung serta kakinya. 

Baca juga: Kasus Kucing Positif Corona Pertama Ditemukan di Seoul

Meski ini adalah sebuah tindakan yang naluriah, namun bagi pemilik kucing tak perlu khawatir untuk dapat tetap memelihara perabotan di rumahnya. Cukup latih kucing tersebut untuk tidak meyentuh barang-barang penting di rumah. Pertama, cukup lapisi perabotan di rumah dengan permukaan yang tidak disukai kucing, seperti lapisan yang lengket.

Setelah itu, sediakan tempat lain sebagai tempat pengganti agar kucing tetap dapat melatih kemampuan mencakarnya, seperti tumbukan kertas atau koran yang tak terpakai. Dengan cara ini, lama-kelamaan kucing akan terlatih untuk dapat membedakan wilayah yang mana boleh mereka ‘rusak’ dan mana yang tidak.

(nnd)

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)