home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gelisah Hingga Jantung Berdebar, Ini Tanda Kamu Terlalu Banyak Minum Kopi

Selasa, 17 Mei 2016 11:15 by fzhchyn | 2404 hits
Gelisah Hingga Jantung Berdebar, Ini Tanda Kamu Terlalu Banyak Minum Kopi
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Untuk mengusir rasa kantuk, kopi memang menjadi pilihan minuman bagi banyak orang. Selain itu, sejumlah penelitian bahkan telah menunjukkan berbagai manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi juga bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan. seperti dilansir dari laman Readers Digest, berikut adalah tanda-tanda yang diberikan tubuh kalau kamu sudah terlalu banyak minum kopi.

1. Gelisah

Perasaan yang menjadi gelisah secara tiba-tiba bisa menjadi tanda tubuh terlalu banyak mendapat asupan kafein. Karena seperti yang diketahui, kandungan kafein dalam kopi bisa mempercepat sistem saraf pusat dan membuat gelisah serta menjadi lebih waspada.

2. Sakit perut

Seperti dikutip dari WebMD, ilmuwan Eropa mengatakan, minum kopi dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel di perut. Hal ini dapat membuat perut sakit. Jika Anda memiliki refluks asam, hindari minum kopi.

3. Diare

Tak hanya sakit perut, menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, minum kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir sehari bisa menyebabkan diare. Jadi jika kamu mulai bolak-balik ke kamar mandi, sebaiknya kurangi dulu konsumsi kopi secara bertahap.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Saat Menjalani Puasa

4. Sakit kepala

Minum kopi mungkin dapat membantu meringankan sakit kepala. Tetapi, jika terlalu banyak minum kopi, justru bisa membuat Anda pusing. Konsumsi kafein yang berlebihan yaitu sebanyak 500 mg atau setara dengan lima cangkir kopi. 

5. Tidak bisa tidur

Sulit tidur merupakan tanda terlalu banyak minum kopi yang paling umum. Menurut Mayo Clinic, kopi dapat menyebabkan terbangun dari tidur pada malam hari sehingga mengurangi waktu tidur. Untuk mengatasi masalah ini, jangan minum kopi sebelum tidur. Minumlah paling lambat pada siang hari.

6. Jantung berdebar

Rasa gelisah akibat terlalu banyak minum kopi juga biasanya dibarengi dengan detak jantung yang cepat atau berdebar-debar. Jika terus-menerus mengalami jantuk yang berdebar mendadak, sebaiknya mulai mengurangi asupan kopi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)