home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fenomena Tahu Bulat, Sehatkah Makanan yang ‘Digoreng Dadakan’ Ini?

Senin, 23 Mei 2016 11:50 by fzhchyn | 5139 hits
Fenomena Tahu Bulat, Sehatkah Makanan yang ‘Digoreng Dadakan’ Ini?
Image source: kulinerseha

DREAMERS.ID - Saat ini masyarakat Indonesia tengah dilanda fenomena jajanan tahu bulat. Sebenarnya penganan gorengan ini sudah ada sejak lama, namun dengan hadirnya metode penjualan baru yang unik dengan mobil gerobak terbuka dan jingle menggelitik, masyarakat pun semakin keranjingan untuk mengkonsumsinya.

Agar tetap hangat dan enak dinikmati, penjual memang baru menggoreng tahu bulat saat ada yang membeli. Tahu digoreng dengan minyak yang banyak dan panas hingga tahu matang dan garing. Rasanya yang gurih akan membuat siapa saja yang memakannya merasa ketagihan.

Namun sama seperti jenis jajanan gorengan lainnya, tahu bulat juga tidak bisa dikatakan sehat. Jumlah minyak yang banyak untuk menggoreng tahu jika dipanaskan akan berubah menjadi lemak trans, yang membuat komposisi kimia dalam minyak berubah. Inilah yang kemudian memicu penumpukan lemak di pembuluh darah dan bahkan dapat memicu kanker.

“Minyak sayur yang dipanaskan dan dipakai berulang kali akan berubah dari minyak tidak jenuh ganda menjadi minyak trans. Dalam sehari, minyak trans ini hanya boleh dikonsumsi kurang dari 1% dari total kalori per hari. Jika lebih dari itu, bisa menjadi sumber penyakit nantinya,” jelas dokter spesialis gizi klinik FKUI Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, mengutip Kompas.

Baca juga: Avanza Terbakar Karna Jadi Mobil Tahu Bulat, Ini Tanggapan Dari Toyota

Tahu sebenarnya merupakan salah satu makanan yang menyehatkan karena terbuat dari kacang kedelai yang menjadi sumber protein nabati. Tapi karena diolah dengan cara yang tidak tepat, tahu menjadi kehilangan label sehatnya.

“Tahu yang dimasak dengan ditumis dengan sedikit minyak, tentu lebih sehat jika dibandingkan dengan tahu yang digoreng dengan minyak yang sudah berulang kali dipakai,” jelas dr. Fiastuti.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)