home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengaruhi Kesehatan Rambut, Simak Cara Atasi Masalah di Kulit Kepala

Rabu, 25 Mei 2016 16:00 by fzhchyn | 1988 hits
Pengaruhi Kesehatan Rambut, Simak Cara Atasi Masalah di Kulit Kepala
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Untuk masalah kesehatan kepala, kebanyakan orang biasanya hanya terfokus dengan kondisi rambut. Padahal ada bagian lain yang juga perlu perhatian khusus, yaitu kulit kepala. Padahal jika kulit kepala tidak sehat, rambut juga akan mendapatkan efeknya.

Sama seperti sebagian besar kulit lain di tubuh, kulit kepala juga memiliki kelenjar minyak dan mengalami pergantian sel. Melansir Women’s Health, berikut adalah masalah yang sering muncul di kulit kepala dan cara mengatasinya.

1. Kulit kepala kering

Kebanyakan orang dengan kulit kepala yang mengelupas dan gatal, tidak memiliki kulit kepala kering tapi justru kulit kepala berminyak. Alasan utama dari kulit kepala kering adalah kelainan kulit kronis atau yang biasa disebut atopic dermatitis (eczema). Kelainan ini dapat muncul di bagian kulit mana saja dan biasanya merupakan keturunan.

Nah jika kamu mengalami masalah ini, coba pakai kondisioner pembersih daripada sampo. Jika ingin lebih bersih, gunakan secara bergantian dengan sampo, selama beberapa kali dalam satu minggu. Alkohol pada produk styling dapat membuat kering, jadi hindari agar tak mengenai kulit kepala.

2. Ketombe

Baca juga: Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Bagi Kamu Pemilik Rambut Tipis

Kasus seborrheic dermatitis alias ketombe biasanya meningkat seiring berubahnya musim. Hal ini sebenarnya terjadi karena kulit kepala memproduksi terlalu banyak minyak, dan terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak.

Penting untuk merawat kulit kepala dengan benar karena terlalu keras menggaruk akan mengakibatkan rambut patah dari akar, dan peradangan akan menyebabkan rambut rontok.

Kebanyakan orang yang memiliki ketombe berpikir “kulit kepala saya kering, jadi saya harus menggunakan kondisioner.” Padahal tidak begitu. Sampo anti-ketombe biasanya mengandung zinc atau tar yang akan membuat kulit kepala terkelupas.

3. Psoriasis

Serpihan ketombe tidak hilang dengan perawatan ketombe biasa? Dan menemukan kemerahan di siku, lutut dan bagian tubuh lain? Coba tanyakan ke dermatologis soal resep lotion yang bisa diusapkan ke kulit kepala atau obat minum untuk mengurangi peradangan. Tidak semua orang mengalami kemerahan, namun kasus tersebut sering terjadi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)