home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Jerawat Sampai Nilai yang Menurun, Ini Tanda-tanda Stres pada Remaja!

Kamis, 26 Mei 2016 12:00 by Dits | 2088 hits
Mulai Jerawat Sampai Nilai yang Menurun, Ini Tanda-tanda Stres pada Remaja!
Image source: arounddb.co

DREAMERS.ID - Stres yang terjadi pada usia remaja bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berbagai faktor dari dalam maupun luar dapat mempengaruhi tingkat stres pada remaja. Dilansir fit.webmd.com, terdapat 10 tanda stress pada remaja, simak yuk Dreamers!

1. Jerawat yang bermunculan
Ketika kulit rusak dan berjerawat, umumnya pasti menyimpulkan bahwa itu adalah masalah hormonal. Tetapi mungkin stres adalah penyebab utamanya. Stres bisa terjadi ketika mengalami kesulitan dalam menangani suatu hal, seperti bertengkar dengan teman atau masalah di rumah. Belajarlah untuk mengatasi stres sehingga dapat membuat keadaan lebih baik.

2. Teman terlihat sangat menjengkelkan
Ketika teman-teman terlihat sangat mengganggu, mungkin kalian sedang dalam kondisi sangat stres. Terlalu banyak stres dapat membuat marah-marah dan tidak sabar.

Solusinya adalah cobalah untuk tersenyum dan tertawa bersama teman-teman. Tertawa dapat mengubah perasaan menjadi lebih baik dan menghilangkan stres.

3. Selalu merasa lelah
Saat mendengarkan musik dengan beat yang cepat, apakah yg dilakukan adalah menari? Atau justru malah menguap? Jika merasa sangat lelah, mungkin stres adalah penyebabnya. Untuk menghadapinya, lawan dengan olahraga. Menari, berolahraga, atau berlari dapat membuat tubuh lebih rileks dan menambah energi, serta meningkatkan mood.

4. Jantung berdebar
Jantung yang berdebar-debar bukanlah hal yang mengejutkan. Saat itu terjadi berarti tubuh sedang mempersiapkan situsi yang sulit. Selanjutnya yang terjadi adalah mata terbuka lebar agar dapat melihat dengan jelas, Otot-otot juga mengalirkan banyak darah, serta keluar keringat dingin.

Solusi yang tepat jika tidak bisa merasa santai adalah cobalah untuk berbicara dengan orang dewasa tentang masalah yang dihadapi dan temukan cara terbaik untuk bersantai setiap hari.

5. Selera makan menggila
Makan berlebihan adalah salah satu tanda orang sedang stres. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mengurangi energi sehingga merasa lelah dan stres.

Baca juga: Stress Terbukti Secara Ilmiah Menjadi Penyebab Ubanan di Usia Dini

Makanan terbaik untuk memerangi stres adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian bersama dengan protein untuk menjaga rasa lapar. Hindari keripik, pizza, kue, es krim, dan olahan junk food  lainnya.

6. Sariawan
Stres dapat membuat sariawan muncul lebih sering. Tambahkan waktu untuk bersantai seperti mendengarkan musik atau berjalan-jalan.

7. Nilai menurun
Ketika sedang stres karena masalah rumah atau sekolah, pasti tidak akan bisa berkonsentrasi pada pelajaran. Jika stres terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan kalau akan mengalami penurunan nilai.

Cara untuk mengalahkannya adalah belajarlah dengan teman-teman sehingga membuat rileks.

8. Sakit kepala
Stres yang terjadi dapat mengencangkan otot-otot kepala dan bagian belakang leher. Sesekali lakukan peregangan saat terlalu lama belajar atau berada di depan komputer. Putar bahu dan kepala dari sisi ke sisi untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

9. Sakit perut
Saraf-saraf di perut dan usus mungkin merasa lebih sakit saat stres. Tenangkan pikiran dan bernapaslah dengan dalam. Letakkan tangan pada perut dan bernapas melalui hidung. Lakukan selama 10-20 menit setiap hari.

10. Ketergantungan pada obat-obatan dan alkohol
Jika menggunkan obat-obatan atau alkohol untuk menangani stres, mintalah bantuan dari seorang dokter atau psikolog.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)