home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenang 70 Tahun Tragedi, Ini Potret Dulu dan Kini Hiroshima Jepang

Minggu, 29 Mei 2016 21:50 by reinasoebisono | 3178 hits
Mengenang 70 Tahun Tragedi, Ini Potret Dulu dan Kini Hiroshima Jepang
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadi presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Hiroshima setelah negara adidaya itu meluluhlantakkan dua kota besar di Jepang dengan bom atomnya 70 tahun lalu.

Obama mengunjungi beberapa tempat memorial trage yang merenggut ratusan ribu jiwa masa perang dunia kedua tahun 1945 itu. Sedikitnya 140.000 orang meninggal dunia di Hiroshima setelah bom atom bernama ‘Little Boy’ dijatuhkan pada 6 Agustus 1945.

Belum selesai, dua hari kemudian bom atom kedua dijatuhkan di Nagasaki yang menewaskan sekitar 74.000 orang. Seorang warga yang keluarganya menjadi korban mengatakan jika efek bom atom tersebut harus ditanggung selama beberapa generasi.



Image source: Mashable

Obama pun mengunjungi situs-situs dan museum tempat di mana terdapat foto-foto saat tragedi terjadi, beserta kondisi para korban akibat dari bom atom. Seorang fotografer Getty Images Jean Chung pun membuat beberapa foto perbandingan dari arsip koran Asahi Shinbun untuk memperlihatkan kondisi dulu dan sekarang dari kota Hiroshima.



Image source: Mashable

Namun di kunjungannya Jumat kemari, Obama mengatakan jika kini Amerika dan Jepang telah tak hanya menjadi mitra namun jadi sahabat baik dan aliansi kedua nagera itu bahkan disebut sebagai salah satu yang terkuat di dunia.

(rei/BBC)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)