home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lakukan Promosi, Pulau di Zona Indonesia Ini Diganti Nama Oleh Singapura

Rabu, 01 Juni 2016 23:00 by reinasoebisono | 2913 hits
Lakukan Promosi, Pulau di Zona Indonesia Ini Diganti Nama Oleh Singapura
Image source: lifestyleas

DREAMERS.ID - Pulau-pulau kecil namun indah yang memiliki potensi pariwisata lagi-lagi diduga diklaim oleh negeri tetangga. Kali ini perubahan identitas dilakukan oleh negeri Singapura yang ternyata mengelola sebuah pulau milik Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti mengatakan jika sebuah perusahaan pengembang asal Singapura mengklaim sebuah resort di pulau dekat Batam yang bernama Pulau Manis. Namun perusahaan tersebut mengganti namanya menjadi Funtasy Island.

Melansir Strait Times via Tempo, perusahaan Funtasy Island Development (FID) telah mengganti nama sebuah cluster dari 6 pulau sebelah Utara Batam. Pergantian tersebut dilakukan saat perusahaan tersebut merilis peta resort.

Lebih lanjut, Guntur Sakti mengungkapkan bahwa di peta tersebut, pengembang memberikan warna pada pulau-pulau itu sebagai wilayah Singapura. 


Image source: Tempo

“Kami prihatin bahwa pulau-pulau mungkin diklaim Singapura dan kami tidak ingin itu terjadi,” ujar Guntur.

Anggota parlemen Riau, Makmur Nasution, mengatakan pengelolaan pulau secara eksklusif melanggar Undang-Undang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Tahun 2007. “Penduduk setempat tidak lagi tinggal di sana. Sehingga, hak eksklusif untuk pulau bertentangan hukum. Pemerintah perlu mengatur ini.”

Pulau Manis memang dikelola bersama dan bersistem patungan antara perusahaan Indonesia dan Singapura. Manajer situs Pulau Funtasy mengatakan jika pulau yang diperkirakan senilai Rp 2 triliun itu sudah penuh oleh investor yang sebagian besar dari Singapura.

Menanggapi hal ini, Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan bingung dengan laporan tersebut karena merasa pihaknya tak pernah mengklaim pulau milik Indonesia. Perusahaan pengembang pun mengatakan jika perubahan nama hanya dilakukan untuk kepentingan promosi.

Namun sejauh ini, Dinas Pariwisata telah melayangkan peringatan atas perubahan nama tanpa persetujuan yang diduga sebagai aksi klaim pulau yang jadi kedaulatan Indonesia.

(rei)

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)