home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Disangka, Potong Kuku Ternyata Punya Manfaat Kesehatan Ini

Senin, 06 Juni 2016 11:10 by fzhchyn | 1707 hits
Tak Disangka, Potong Kuku Ternyata Punya Manfaat Kesehatan Ini
Image source: rd.com

DREAMERS.ID - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang menjadi sarang kuman dan bakteri. Dari kuku jugalah berbagai macam infeksi dan penyakit bisa tersebar. Tapi sayangnya kesadaran orang akan pentingnya menjaga kebersihan kuku masih cenderung kurang.

Siapa yang tahu jika dengan melakukan tindakan sederhana seperti memotong dan membersihkan kuku secara rutin bisa sangat berpengaruh bagi kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah manfaat tak terduga yang bisa didapat dengan rajin memotong kuku.

1. Mencegah kuku tumbuh ke dalam

Ini adalah masalah serius yang akan dialami jika tak rajin memotong kuku. Kuku yang tumbuh ke dalam atau yang disebut dengan onychocryptosis akan sangat menyakitkan karena bisa melukai kulit. Kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa sakit dan bengkak dan kadang-kadang dapat juga berubah menjadi infeksi. Jika rasa sakit tak tertahankan atau parah berkonsultasilah dengan dokter.

2. Mencegah Infeksi bakteri

Merawat kuku sangatlah penting jika kamu tak ingin mengalami infeksi. Jika kamu sering memakai sepatu maka kuku akan mulai ditumbuhi oleh bakteri karena saat itu bagian kaki tak bisa bernapas, ditambah lagi dengan adanya keringat. Jadi cobalah gunting kuku secara rutin agar bakteri yang juga bisa menyebabkan bau ini bisa segera hilang. Dan pastikan untuk tidak mengenakan kaos kaki yang kotor.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kuku Tetap Pendek Selama Pandemi Corona

3. Jauh dari jamur

Kuku yang cantik bisa memberikan kesan baik tentang kebersihan. Jika tak memotong kuku secara rutin maka ada kemungkinan akan mengalami infeksi yang disebabkan oleh jamur, misalnya kutu air atau ruam merah yang gatal. Ini biasanya terjadi di antara jari kaki. Bahkan lebih buruk lagi, kukumu akan terlihat berwarna kuning.

4. Mencegah cedera

Jika kamu tak memotong kuku, maka kamu akan meyebabkan banyak cedera, seperti misalnya wajahmu tak sengaja tercakar atau misalnya kamu tak sengaja melukai tanganmu sendiri yang bisa menyebabkan pendarahan di dalam.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)