home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aneh, Warga Daerah Mayoritas Muslim Ini Harus Serahkan Sampel DNA Untuk Buat Paspor

Rabu, 08 Juni 2016 19:20 by reinasoebisono | 1639 hits
Aneh, Warga Daerah Mayoritas Muslim Ini Harus Serahkan Sampel DNA Untuk Buat Paspor
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Jika biasanya untuk pembuatan dokumen perjalanan seperti paspor hanya dibutuhkan surat penting dan kartu identitas, ada syarat tak biasa yang diterapkan kepolisian Cina, tepatnya daerah Xinjiang. Wilayah Xinjiang terletak di sebelah barat Cina yang mayoritas penduduknya adalah warga Muslim.

Untuk pembuatan paspor, warga Xinjiang harus menyerahkan sampel DNA, sidik jari hinggal sampel suara. Peraturan super ketat ini diberlakukan hanya beberapa hari sebelum memasuki Ramadhan tahun ini pada minggu lalu.

Melansir CNN, media Daily Ili, daerah paling utara Xinjiang, pihak berwenang memang tidak memberikan alasan detail atas peraturan yang cukup memberatkan tersebut. Namun Beijing memperkirakan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kelompok separatis yang sering memicu bentrokan.

Baca juga: Herannya Dokter Spesialis Soal Melonjaknya Pneumonia di Cina, Indonesia Perlu Waspada?

Xinjiang memang memiliki penduduk mayoritas Muslim. Daerah Illi yang berbatasan langsung dengan Kazakhstan pun diperkirakan menjadi gerbang masuknya kelompok radikal yang kerap membuat kekacauan di Cina.

Setiap tahunnya, Cina memang kerap memberikan peraturan ketat di daerah Xinjiang yang memiliki 10 juta warga Muslim Uighur itu. Pemerintah meluncurkan larangan PNS, sipil, guru dan siswa Muslim di Xinjiang untuk berpuasa.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)